ads2

ads3

Tutorial memasak Semur Jengkol

Semur Jengkol ~Resep Semur Jengkol Pedas, Jadikan Makan Kamu Semakin Lahap. Simpan ke bagian favorit Tersimpan di bagian favorit. Semur Jengkol Pedas, terbayang nikmatnya bersanding dengan. Memang akhir-akhir ini sedang banyak dicari oleh masyarakat disekitar kita, salah satunya Anda. Mereka memang telah terbiasa mamnfaatkan internet di HP untuk mendapatkan informasi gambar untuk dijadikan ide. Selanjutnya merupakan gambar tentang Semur Jengkol yang bisa sobat jadikan contoh.

Semur Jengkol Semur jengkol adalah makanan khas Betawi,Jakarta. Semur jengkol ini adalah makanan yang benar benar popular di kawasan kota Jakarta sehingga telah menyebar ke wilayah Indonesia. Semur Jengkol adalah sebuah hidangan yang berbahan dasar dari buah jengkol. kamu bisa membuat Semur Jengkol pakai 23 bahan 6 langkah. Inilah step by step untuk memasaknya.

Bumbu dan bahan untuk memasak Semur Jengkol

  1. Kamu membutuhkan 1/2 kg Jengkol cuci bersih. Sisihkan.
  2. Kamu siapin Air secukupnya untuk merebus.
  3. Anda perlu 6 lembar daun jeruk, untuk merebus.
  4. Anda membutuhkan 1 sdm garam, untuk merebus.
  5. Kamu butuh ✓Bumbu yang dihaluskan✓.
  6. Silahkan kamu siapkan 10 siung bawang merah.
  7. Kamu membutuhkan 6 siung bawang putih.
  8. Anda perlu 1/2 sdt biji merica.
  9. Anda perlu 1/2 cm pala (1/3 ruas buku jari).
  10. Silahkan kamu siapkan 4 buah kemiri.
  11. Sediakan juga 3 buah cabai merah besar (sesuai selera).
  12. Sediakan juga ✓Bumbu lainnya✓.
  13. Silahkan sobat siapkan 1 bungkus santan instan.
  14. Silahkan kamu persiapkan 8 sdm kecap manis.
  15. Silahkan kamu persiapkan 1 sdt garam.
  16. Anda butuh 1/2 sdt bubuk kaldu / penyedap.
  17. Anda butuh 1 sdt gula pasir.
  18. Kamu membutuhkan 2 lembar daun salam.
  19. Persiapkan 2 lembar daun jeruk.
  20. Anda butuh 2 batang sereh, geprek.
  21. Siapkan juga 3 cm lengkuas.
  22. Sobat juga memerlukan 6 sdm Minyak untuk menumis bumbu.
  23. Kamu perlu 400 ml air.

Semur jengkol adalah hidangan khas dari masyarakat Betawi atau warga asli. Resep semur jengkol - Jengkol merupakan salah satu bahan masakan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut dikarenakan menu masakan jengkol ini memang sangat khas. Semur jengkol identik sebagai panganan khas Betawi.

Intruksi cara memasak Semur Jengkol

  1. Setelah dicuci bersih, rebus jengkol sampai empuk. -/+ 1 jam Tambahkan 6 lembar daun jeruk dan bubuhi 1 sdm makan garam pada saat merebus. Katanya sih ini bisa mengurangi kadar bau nya 🤭..
  2. Saya rebus pakai panci presto, jadi 45 menit juga sudah empuk. Cuci kembali, tiriskan dan sisihkan..
  3. Siapkan wajan untuk memasak. Masukan 6 sdm minyak, Tumis bumbu halus sampai harum dan agak mengering. Tambahkan 150 ml air, masukan jengkol. Tuangkan garam, gula, penyedap, kecap. Juga bumbu rempahnya. Daun salam, daun jeruk, sereh dan lengkuas. Aduk. Menyusul masukan santan, aduk rata. Masukan sisa air (250 ml). Tutup wajan, biar jengkol lebih empuk dan bumbu meresap. biarkan sampai air setengah menyusut..
  4. Setelah air hampir menyusut buka tutup wajan, cicipi dan cek rasa. Matikan api setelah bumbu mengental..
  5. Sajikan Semur Jengkol dengan nasi panas 🤩.
  6. Selamat mencobaaa 🤗🥰..

Tak ayal ini berasal dari sejarah menyebutkan bahwa hampir di setiap pekarangan rumah orang Betawi ditemukan pohon jengkol. menu ini termasuk yang sering saya masak, kalo yang berkaitan dengan "jengkol-jengkolan" :D cara masaknya sama kayak bikin semur biasa: tumis bumbu halusnya (bawang putih+bawang. Resep Semur Jengkol - Meskipun berbau tidak sedap, jengkol selalu menjadi masakan atau menu favorit bagi kebanyakan orang. justru dengan baunya yang tidak sedap itu, menjadikan jengkol. Jengkol biasanya diolah dengan cara disemur, digoreng, atau digulai. Nah pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan mengulas resep dan cara membuat semur jengkol Betawi dan juga Sunda. Jengkol sering juga disebut dengan Kancing Levi's karena bentuknya yang menyerupai kancing.

Begitulah pembahasan Semur Jengkol terima kasih atas kunjungannya, jika dirasa artikel website ini bermanfaat suport kami dengan cara bagikan postingan artikel situs ini ke akun sosial media yang kamu punya seperti facebook, instagram dan lain sebagainya, atau bisa juga mem-bookmark halaman website ini,postingan ini dikelompokkan ke dalam kategori Semur Jengkol.

LihatTutupKomentar

ads1

close