ads2

ads3

Resep Empal Gentong Khas Cirebon

Empal Gentong Khas Cirebon ~Ternyata, setelah saya mencoba mencicipinya, Resep Empal Gentong khas Cirebon ini merupakan salah satu variasi masakan Soto yang menggunakan campuran daging sapi, babat, limpa sapi dan jeroan sapi yang lain sebagai isi utamanya. Cita rasa dari empal gentong mirip dengan gulai tetapi kuahnya encer seperti soto, Rasa menonjol adalah gurih sedikit pedas rempah. Sajian ini nikmat disajikan dengan bawang goreng dan irisan kucai sebagai pelengkap hidangannya dan penambah cita rasa. Memang saat ini sedang banyak dicari oleh teman-teman disekitar kita, salah satunya sobat. Mereka memang telah terbiasa mamnfaatkan internet di ponsel untuk mencari informasi gambar untuk dijadikan inspirasi. Next adalah gambar tentang Empal Gentong Khas Cirebon yang bisa sobat jadikan contoh.

Empal Gentong Khas Cirebon Di Bandung juga ada Warung Dua Putri, penjual empal khas. Resep Membuat Empal Gentong Khas Cirebon - Empal gentong merupakan makanan atau jajanan kuliner khas dari kota Cirebon. Makanan ini adalah salah satu jenis makanan berkuah juga memiliki rasa yang enak. anda bisa memasak Empal Gentong Khas Cirebon mengfungsikan 28 bahan 4 langkah. Berikut cara anda untuk memasaknya.

Komposisi untuk memasak Empal Gentong Khas Cirebon

  1. Anda membutuhkan 1/2 kg daging sapi (kikil).
  2. Siapkan juga 300 ml santan dari ½ butir kelapa.
  3. Anda Memerlukan 2 cm kayu manis.
  4. Siapkan juga 2 pekak.
  5. Sediakan juga 3 kapulaga.
  6. Sediakan 2 lbr daun salam 6 lbr daun jeruk purut.
  7. Selain itu juga tambahkan 3 btg serai dimemarkan.
  8. Silahkan sobat persiapkan 1 st garam.
  9. Kamu butuh 1 1/2 ltr air.
  10. Kamu butuh 3 sm minyak utk menumis.
  11. Kamu membutuhkan Bumbu yg dihaluskan.
  12. Sobat juga memerlukan 15 siung bawang merah.
  13. Kamu perlu 8 siung bawang putih.
  14. Siapkan juga 8 Buah kemiri disangrai.
  15. Sobat juga memerlukan 1/2 st bubuk cengkeh.
  16. Siapkan juga 2 st ketumbar disangrai.
  17. Sediakan 1/4 st jintan disangrai.
  18. Kamu butuh 1/2 st lada halus.
  19. Kamu butuh 2 cm jahe.
  20. Selain itu juga tambahkan 2 cm kunyit bakar.
  21. Silahkan sobat persiapkan Rawit sckpnya.
  22. Anda perlu 2 sm gula merah yg diserut.
  23. Sobat juga memerlukan Pelengkap: (secukupnya).
  24. Sobat juga memerlukan Lontong.
  25. Kamu membutuhkan Bawang goreng.
  26. Silahkan kamu persiapkan Jeruk nipis.
  27. Kamu membutuhkan Kerupuk.
  28. Anda perlu iris Daun kucai dan daun bawang.

Sangat cocok bagi anda yang memang suka makan makanan berkuah, terutama empal gentong. Empal gentong, kuliner khas Cirebon yang terdiri dari usus, babat, dan irisan daging sapi ini tampilannya mirip dengan gulai. Itulah mengapa masyarakat menyisipkan kata 'gentong' dalam nama panganan ini. Salah satu kuliner khas Cirebon, Jawa Barat yakni empal gentong kini cukup populer di wilayah III Cirebon. (Juan) Ciremaitoday.com, Cirebon - Salah satu kuliner wajib dicoba ketika ke Cirebon adalah Empal Gentong.

Intruksi cara memasak Empal Gentong Khas Cirebon

  1. Rebus daging beserta kayu manis, pekak, daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas dan garam sampai daging empuk..
  2. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan bumbu ke dalam rebusan daging. Aduk rata lalu koreksi rasanya..
  3. Tuang santan. Aduk lalu masak hingga matang. Tambahkan gula merah dan rawitnya. Aduk sampai didih..
  4. Penyajian: Tata lontong di mangkok. Beri beberapa potong daging empal gentong. Siram dengan kuahnya. Beri taburan daun kucai, daun bawang, dan bawang goreng di atasnya. Sajikan bersama kerupuk dan irisan jeruk nipis..

Makanan berkuah berupa kari berisi daging sapi, sudah menjadi kuliner ikonik di Cirebon. Apud ini memulai usahanya dengan berjualan Empal Gentong di warung sederhana yang didirikannya ditepi jalan Ir. Empal gentong, masakan khas Cirebon kesukaan Pak suami selain nasi lengko. Pak suami memang lahir dan besar di Cirebon, hehe. Pertama kali nya bikin ini dan alhamdulillah hasil nya enaak.

Begitulah pembahasan Empal Gentong Khas Cirebon terima kasih atas kunjungannya, jika dirasa postingan blog ini bermanfaat suport kita dengan cara bagikan postingan artikel blog ini ke akun sosial media favorit kamu seperti facebook, instagram dan lain-lain, atau bisa juga menandai halaman website ini,konten ini dikelompokkan ke dalam kategori Empal Gentong Khas Cirebon.

LihatTutupKomentar

ads1

close