ads2

ads3

Step by step membuat Bubur Biji salak (Jenang candil dan bubur sumsum)

Bubur Biji salak (Jenang candil dan bubur sumsum) ~Lihat juga resep Jenang Campur - Bubur Sumsum, Biji salak, Mutiara enak lainnya! Bubur Biji salak (Jenang candil dan bubur sumsum) Lagi pingin banget makan jenang candil karena di abang sayur kemaren ngga ada jadi kepikiran buat sendiri. Supaya ngga enek aku paduin sama bubur sumsum biar ada gurih gurih asin nya gitu Bubur Biji salak (Jenang candil dan bubur sumsum) Lagi pingin banget makan jenang candil karena di abang sayur kemaren ngga ada jadi kepikiran buat sendiri. Memang waktu ini sedang banyak dicari oleh sebagian orang disekitar kita, salah satunya sobat. Mereka memang telah terbiasa mamnfaatkan internet di gadget untuk mencari informasi gambar untuk dijadikan wawasan. Berikutnya merupakan gambar seputar Bubur Biji salak (Jenang candil dan bubur sumsum) yang bisa sobat jadikan inspirasi.

Bubur Biji salak (Jenang candil dan bubur sumsum) Bubur candil bisa dibeli di pasar dengan harga murah meriah. Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut ini resep yang bisa dicoba. anda bisa membuat Bubur Biji salak (Jenang candil dan bubur sumsum) gunakan 18 bahan 6 langkah. Inilah cara anda untuk membuatnya.

Bumbu dan bahan untuk memasak Bubur Biji salak (Jenang candil dan bubur sumsum)

  1. Anda butuh Bahan jenang.
  2. Anda Memerlukan 250 gr tepung ketan.
  3. Anda butuh 1/2 sdt garam.
  4. Sediakan Secukupnya Air.
  5. Anda butuh Bahan kuah.
  6. Silahkan kamu siapkan 200 gr Gula merah (bila kurang manis boleh ditambah gula pasir).
  7. Silahkan kamu siapkan 65 ml santan kental.
  8. Silahkan kamu persiapkan 1 lembar Daun pandan.
  9. Sediakan juga Secukupnya air.
  10. Kamu membutuhkan Bahan bubur sumsum.
  11. Anda membutuhkan 250 gr tepung beras.
  12. Selain itu juga tambahkan 100 gr tepung tapioka.
  13. Anda butuh 65 ml santan kental.
  14. Silahkan sobat persiapkan 1/2 sdt garam.
  15. Persiapkan Secukupnya Air.
  16. Silahkan kamu siapkan Bahan santan siram.
  17. Anda butuh 65 ml santan kental encerkan menjadi 200 ml.
  18. Anda butuh 1 lembar Daun pandan.

Selain candil, bubur satu ini memiliki julukan lain seperti bubur biji salak yang sungguh mirip. Hidangan manis ini bisa ditemui di berbagai daerah yang ada di pulau Jawa. Semangkuk bubur biasanya berisi bubur sumsum atau candil, mutiara, biji salak/jenang grendul, cendol/hunkwe, lalu disiram kuah santan dan saus gula merah. Sedangkan kuah candil biasanya dibuat dari bumbu gula kelapa dan diberi daun pandan untuk memberi aroma khas.

Step by step cara membuat Bubur Biji salak (Jenang candil dan bubur sumsum)

  1. Masukan tepung ketan garam dan tambahkan air uleni hingga kalis kemudian pulung dan bentuk bulat bulat seperti kelereng.
  2. Masak bahan kuah jika sudah mendidih masukan bulatan biji candiltunggu hingga biji candi mengapung.
  3. Kemudian dalam wadah lain masukan tepung beras, tapioka, garam, santan dan tambah kan air hingga menjadi sebuah adonan encer kemudian masak diatas api kecil aduk aduk hingga tekstur menjadi kental.
  4. Masak bahan santan siram menggunakan panci dengan api kecil sambil terus diaduk agar santan tidak pecah.
  5. Bila semua sudah matang susun di wadah/mangkuk bubur sumsum tambahkan jenang candil kemudian siram dengan kuah santan.
  6. Jenang candil dan bubur sumsum siap untuk dinikmati 😉.

Sama dengan kuah biji salak, kuah candil juga diberi santan kelapa masak yang kental. Tak jarang candil juga disajikan dengan bubur sumsum sehingga menambah rasa gurih dan tekstur yang unik. "Bubur candil juga terdapat di Bali disebut. Bubur Biji salak (Jenang candil dan bubur sumsum) Lagi pingin banget makan jenang candil karena di abang sayur kemaren ngga ada jadi kepikiran buat sendiri. Supaya ngga enek aku paduin sama bubur sumsum biar ada gurih gurih asin nya gitu Nana Naura. Kolak Biji Salak (Ubi Ungu) Ubi Ungu, gula pasir, tepung tapioka / kanji, tepung maizena, daun.

Begitulah pembahasan Bubur Biji salak (Jenang candil dan bubur sumsum) terima kasih atas kunjungannya, jika dirasa postingan website ini bermanfaat suport kita dengan cara share postingan artikel blog ini ke akun sosial media favorit kamu seperti facebook, instagram dan lain-lain, atau bisa juga menandai halaman website ini,artikel ini dikelompokkan ke dalam kategori Bubur Biji salak (Jenang candil dan bubur sumsum).

LihatTutupKomentar

ads1

close