ads2

ads3

Resep Roti Panada Ikan Cakalang

Roti Panada Ikan Cakalang ~Perbedaannya terletak pada panada yang biasa diisi dengan ikan pampis, yaitu ikan cakalang yang disuwir halus dan dimasak dengan berbagai bumbu. Rasa pedas yang mencolok dari campuran bumbu-bumbunya menunjukkan budaya kuliner masyarakat Manado yang menyukai makanan bercita rasa pedas. Tak salah jika panada dinobatkan sebagai kuliner khas Manado. Memang waktu ini sedang banyak dicari oleh masyarakat disekitar kita, salah satunya sobat. Mereka memang sudah terbiasa menggunakan internet di gadget untuk mencari informasi gambar untuk dijadikan ide. Next adalah gambar berkaitan dengan Roti Panada Ikan Cakalang yang dapat kalian jadikan wawasan.

Roti Panada Ikan Cakalang Kasus Kekerasan Terhadap Warga Kulit Hitam Menggerakkan Demo Besar-Besaran Anti Rasisme di Seluruh Dunia Jakarta - Enaknya panada khas Manado dengan isian cakalang bumbu pampis hingga cokelat keju. Siapa yang tidak tergoda dengan camilan khas Sulawesi. Panada atau roti goreng isi ikan cakalang hadir di dapur Manado berkat pengaruh kolonial Portugis di daerah Sulawesi Selatan. anda bisa membuat Roti Panada Ikan Cakalang memanfaatkan 7 bahan 7 langkah. Berikut cara anda untuk memasaknya.

Komposisi untuk memasak Roti Panada Ikan Cakalang

  1. Silahkan kamu persiapkan 250 gr tepung terigu protein sedang.
  2. Kamu siapin 60 gr gula pasir.
  3. Kamu perlu 25 gr mentega.
  4. Siapkan juga 1 sachet susu bubuk (27 gram).
  5. Kamu siapin 2 butir kuning telur (kocok).
  6. Sediakan juga 120 ml air hangat.
  7. Anda Memerlukan 2 sdt ragi instan.

Kalau dicari tahu lagi, jenis makanan serupa dikenal juga di Filipina, Peru, Meksiko, hingga tentunya Spanyol. Dikenal dengan sebutan empanada, versi Manado mengisi adonan roti goreng ini dengan ikan asap. Adonan roti yang telah berisi ikan cakalang dan bumbu panpis kemudian digoreng hingga berwarna kuning kecokelatan. Karena terbuat dari ikan cakalang, panada Manado dipercaya memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Langkah cara membuat Roti Panada Ikan Cakalang

  1. Larutkan ragi dengan air hangat dan sedikit gula pasir, aduk rata, sisihkan. Tunggu hingga berbuih.
  2. Siapkan mangkuk besar/ baskom. Masukkan terigu, gula pasir, susu bubuk, mentega, kuning telur, aduk rata dan uleni sebentar lalu tambahkan larutan air ragi sedikit demi sedikit, uleni sampai kalis..
  3. Setelah kalis elastis bulatkan adonan lalu tutup dengan kain/ plastik selama 1 jam/ sampai mengembang..
  4. Setelah mengembang, ambil adonan giling hingga ketebalan yang diinginkan, cetak dengan gelas/cetakan bulat lalu isi dengan cakalang pampis. Lipat menjadi 2 bagian tekan ujung2 lipatan sampai menempel, lalu tarik dan cubit2 (untuk membuat keriting2 nya)..
  5. Setelah selesai diberi isian diamkan 15 menit..
  6. Panaskan minyak dengan api sedang, goreng hingga cokelat keemasan..
  7. Sajikan selagi hangat..

Ikan cakalang sendiri merupakan salah satu komoditas ekspor. Panada yang asalnya dari Manado ini, merupakan sejenis roti goreng yang diisi dengan olahan dari ikan, biasanya ikan yang digunakan adalah cakalang asap. Daging cakalang dimasak dengan aneka rempah dan santan hingga santan mengering dan daging ikan menjadi seperti abon yang basah. Adonan kemudian dibentuk menyerupai pastel besar dan digoreng. Roti panada sekilas mirip dengan roti pastel, dan memang masih satu 'kerabat' dengan roti pastel yang populer di banyak daerah.

Begitulah pembahasan Roti Panada Ikan Cakalang terima kasih atas kunjungannya, jika dirasa artikel website ini bermanfaat suport kita dengan cara bagikan postingan artikel situs ini ke akun sosial media yang kamu punya seperti facebook, instagram dan lain sebagainya, atau bisa juga mem-bookmark halaman website ini,konten ini dikelompokkan ke dalam kategori Roti Panada Ikan Cakalang.

LihatTutupKomentar

ads1

close