ads2

ads3

Tutorial memasak Empal gentong (khas Cirebon)

Empal gentong (khas Cirebon) ~Ternyata, setelah saya mencoba mencicipinya, Resep Empal Gentong khas Cirebon ini merupakan salah satu variasi masakan Soto yang menggunakan campuran daging sapi, babat, limpa sapi dan jeroan sapi yang lain sebagai isi utamanya. Cita rasa dari empal gentong mirip dengan gulai tetapi kuahnya encer seperti soto, Rasa menonjol adalah gurih sedikit pedas rempah. Sajian ini nikmat disajikan dengan bawang goreng dan irisan kucai sebagai pelengkap hidangannya dan penambah cita rasa. Memang sekarang ini sedang banyak dicari oleh pengguna disekitar kita, salah satunya Anda. Mereka memang sudah terbiasa menggunakan internet di gadget untuk mendapatkan informasi gambar untuk dijadikan wawasan. Selanjutnya adalah gambar berkaitan dengan Empal gentong (khas Cirebon) yang dapat sobat jadikan contoh.

Empal gentong (khas Cirebon) Di Bandung juga ada Warung Dua Putri, penjual empal khas. Resep Membuat Empal Gentong Khas Cirebon - Empal gentong merupakan makanan atau jajanan kuliner khas dari kota Cirebon. Makanan ini adalah salah satu jenis makanan berkuah juga memiliki rasa yang enak. anda dapat memasak Empal gentong (khas Cirebon) memanfaatkan 18 bahan 5 langkah. Berikut cara anda untuk membuatnya.

Bahan-bahan untuk memasak Empal gentong (khas Cirebon)

  1. Kamu butuh 500 gr daging sapi.
  2. Kamu perlu 250 gr tetelan daging sapi.
  3. Silahkan sobat persiapkan 1 bungkus santan instan.
  4. Sobat juga memerlukan 4 butir cengkeh.
  5. Silahkan sobat siapkan 2 Batang serai (geprek).
  6. Silahkan sobat persiapkan 4 daun salam.
  7. Anda Memerlukan 3 lembar daun jeruk nipis.
  8. Sediakan juga 1 ruas lengkuas (geprek).
  9. Anda Memerlukan Kucai secukupnya (skip gk ada stok).
  10. Persiapkan 3 butir kapulaga.
  11. Kamu membutuhkan secukupnya Bawang goreng.
  12. Silahkan sobat siapkan Bumbu Halus:.
  13. Kamu siapin 6 bawang merah.
  14. Kamu membutuhkan 4 bawang putih.
  15. Silahkan kamu persiapkan 1 sdm ketumbar (sangrai).
  16. Kamu siapin 2 ruas jahe.
  17. Silahkan sobat persiapkan 3 ruas kunyit.
  18. Silahkan kamu siapkan 1 sdm merica/ lada bubuk.

Sangat cocok bagi anda yang memang suka makan makanan berkuah, terutama empal gentong. Salah satu kuliner khas Cirebon, Jawa Barat yakni empal gentong kini cukup populer di wilayah III Cirebon. (Juan) Ciremaitoday.com, Cirebon - Salah satu kuliner wajib dicoba ketika ke Cirebon adalah Empal Gentong. Makanan berkuah berupa kari berisi daging sapi, sudah menjadi kuliner ikonik di Cirebon. Empal gentong, kuliner khas Cirebon yang terdiri dari usus, babat, dan irisan daging sapi ini tampilannya mirip dengan gulai.

Langkah cara membuat Empal gentong (khas Cirebon)

  1. Rebus daging dan tetelan dalam panci sekitar 10menit, setelah itu buang air rebusan. Kemudian tambahkan kembali air bersih dalam panci, rebus kembali sekitar 30 menit, cek daging pakai garpu, tusuk daging apakah sudah empuk. Setelah diraca cukup empuk angkat kemudian tiriskan..
  2. Lalu daging yang tadi sudah di rebus potong daging seperti dadu kotak kecil kecil..
  3. Siapkan wajan untuk menumis bumbu halus, jika sudah tercium aroma Wangi tambahkan geprekan serai, daun salam dan jeruk nipis, kapulaga dan juga lengkuas. Tumis kembali hingga bumbu kecoklatan, kemudian masukan daging yang tadi ke dalam bumbu. Tumis beberapa menit..
  4. Setelah itu tambahkan air secukupnya kedalam wajan, aduk hingga merata, tambahkan santan instan kedalam wajan aduk kembali hingga merata, beri sedikit garam, gula serta lada. Tes rasa jika dirasa sudah ok tutup wajan, dan kecilkan api tunggu hingga air mendidih..
  5. Setelah dirasa cukup matang matikan api, tuangkan ke mangkuk kemudian taburi diatasnya bawang goreng lebih nikmat jika diberi potongan kucai, sajikan dengan Cinta dan empal gentong siap dinikmati.

Itulah mengapa masyarakat menyisipkan kata 'gentong' dalam nama panganan ini. Apud ini memulai usahanya dengan berjualan Empal Gentong di warung sederhana yang didirikannya ditepi jalan Ir. Empal gentong, masakan khas Cirebon kesukaan Pak suami selain nasi lengko. Pak suami memang lahir dan besar di Cirebon, hehe. Pertama kali nya bikin ini dan alhamdulillah hasil nya enaak.

Begitulah pembahasan Empal gentong (khas Cirebon) terima kasih atas kunjungannya, jika dirasa postingan blog ini bermanfaat suport saya dengan cara share postingan artikel website ini ke akun sosial media favorit kamu seperti facebook, instagram dan lain-lain, atau bisa juga mem-bookmark halaman blog ini,postingan ini dikelompokkan ke dalam kategori Empal gentong (khas Cirebon).

LihatTutupKomentar

ads1

close