ads2

ads3

Resep Gudeg Yogya

Gudeg Yogya ~Gudeg is a traditional Javanese cuisine from Yogyakarta and Central Java, Indonesia. Gudeg is made from young unripe jack fruit (Javanese: gori, Indonesian: nangka muda) stewed for several hours with palm sugar, and coconut milk. Additional spices include garlic, shallot, candlenut, coriander seed, galangal, bay leaves, and teak leaves, the latter giving a reddish-brown color to the dish. Memang saat ini sedang banyak dicari oleh masyarakat disekitar kita, salah satunya kalian. Mereka memang telah terbiasa mamnfaatkan internet di HP untuk mencari informasi gambar untuk dijadikan contoh. Seterusnya adalah gambar berkaitan dengan Gudeg Yogya yang bisa Anda jadikan inspirasi.

Gudeg Yogya Lihat juga resep Gudeg Yogya enak lainnya! Gudeg Jogja paling enak dan terkenal yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Gudeg Pawon. Yang pertama, sesuai dengan namanya Gudeg Pawon yang dalam bahasa Jawa berarti gudeg dapur, pengunjung yang ingin menikmati gudeg ini harus mau berdesak-desakan di dapur pemiliknya. kamu mampu memasak Gudeg Yogya manfaatkan 16 bahan 9 langkah. Inilah step by step untuk membuatnya.

Bahan dan bumbu untuk memasak Gudeg Yogya

  1. Kamu perlu 1/2 kg nangka muda.
  2. Persiapkan 42 g kerupuk kulit.
  3. Anda butuh 1 batang sereh.
  4. Sediakan 3 lembar daun salam.
  5. Silahkan kamu siapkan 4 lembar daun jeruk.
  6. Kamu siapin 1/4 sdt merica bubuk.
  7. Silahkan sobat persiapkan 3 sdt garam.
  8. Kamu butuh 2 sdt gula.
  9. Kamu butuh 6 sdm kecap manis.
  10. Persiapkan 1 bks kecil santan kara.
  11. Silahkan sobat persiapkan 7 g asam jawa.
  12. Silahkan kamu persiapkan 2 cm loas.
  13. Anda perlu Bumbu Halus.
  14. Silahkan sobat siapkan 4 siung bawang putih.
  15. Anda membutuhkan 5 siung bawang putih.
  16. Kamu perlu 1/2 sdt ketumbar bubuk.

Gudeg Yu Djum [image source] Gudeg Yu Djum adalah menu paling melegenda di Yogyakarta dan resepnya sudah diturunkan hingga empat generasi. Dengan sajian gudeg kering, pengunjung bisa membeli dalam jumlah banyak untuk oleh-oleh atau dinikmati langsung di lokasi. Gudeg merupakan sayur nangka yang dimasak dengan santan hingga menghasilkan areh (kuah) yang kental. Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Langkah cara membuat Gudeg Yogya

  1. Cuci bersih dan rebus nagka sampai empuk.
  2. Haluskan bumbu.
  3. Cairkan asam jawa dengan sedikit air.
  4. Siapkan sereh, salam, daun jeruk, dan loas. Geprek sereh dan loas.
  5. Tumis bumbu halus sampai harum. Lalu masukan sereh, salam, daun jeruk dan loas.
  6. Tambahkan nagka yang sudah direbuh lalu aduk-aduk.
  7. Tambahkan air, kecap, merica, gula, garam, cairam asam jawa. Aduk lalu tutup sampai bumbu meresap.
  8. Cicipi dan sesuaikan rasa dengan selera. Terakhir masukan kerupuk kulit dan aduk. Tunggu sebentar sampai kerupuk kulit layu, lalu matikan.
  9. Waaaww siap disajikan kepada keluarga tercinta.

Selain sayur nangka, biasanya gudeg disajikan juga dengan sambal goreng krecek. Rasanya yang manis dan legit menjadi ciri khas hidangan yang satu ini. Membuat gudeg dibutuhkan teknik memasak slow cooking. Resep Gudeg Jogja juga terbilang mudah dan tidak terlalu ribet. Tapi jangan khawatir, Anda tidak harus pergi ke Yogyakarta untuk dapat menikmati makanan ini.

Begitulah pembahasan Gudeg Yogya terima kasih atas kunjungannya, jika dirasa postingan website ini bermanfaat suport saya dengan cara share postingan artikel blog ini ke akun sosial media yang kamu punya seperti facebook, instagram dan lain-lain, atau bisa juga menandai halaman blog ini,artikel ini dikelompokkan ke dalam kategori Gudeg Yogya.

LihatTutupKomentar

ads1

close