ads2

ads3

Resep Empal Gentong versi Mamake Mas Ganteng

Empal Gentong versi Mamake Mas Ganteng ~Empal Gentong K R U C U K punya Yuk reservasi aja ✨ 🏬EMPAL GENTONG. Empal gentong merupakan kuliner khas Cirebon. Kuahnya berwarna kekuningan serta menggunakan daging sapi Secara tradisional, empal gentong dimasak dengan kayu bakar. Memang akhir-akhir ini sedang banyak dicari oleh teman-teman disekitar kita, salah satunya kalian. Mereka memang sudah terbiasa menggunakan internet di ponsel untuk mendapatkan informasi gambar untuk dijadikan contoh. Berikutnya adalah gambar seputar Empal Gentong versi Mamake Mas Ganteng yang bisa kalian jadikan wawasan.

Empal Gentong versi Mamake Mas Ganteng Simak caranya berikut ini dan sajikan yang terbaik untuk keluarga tercinta! Empal gentong, satu sajian penuh rempah dan daging sapi khas Cirebon. Kuahnya yang kaya dan rasanya yang begitu khas memang terasa mewah. anda sanggup membuat Empal Gentong versi Mamake Mas Ganteng menggunakan 24 bahan 7 langkah. Inilah step by step untuk membuatnya.

Bahan dan bumbu untuk memasak Empal Gentong versi Mamake Mas Ganteng

  1. Anda perlu 1/4 kg daging rawonan.
  2. Siapkan juga 1/4 kg paru.
  3. Anda perlu 1/4 kg babat (me skip karena pas keabisan).
  4. Silahkan sobat persiapkan 10 siung bawang merah.
  5. Kamu butuh 3 siung bawang putih.
  6. Persiapkan 4 butir kemiri sangrai.
  7. Anda butuh 1 sdm ketumbar butiran, sangrai.
  8. Anda butuh 1 sdt merica butiran.
  9. Anda Memerlukan 1/2 sdt jinten.
  10. Kamu butuh 1 jempol kunyit, bakar.
  11. Silahkan kamu persiapkan 1,5 lt air utk merebus daging.
  12. Silahkan kamu siapkan 1 lt air utk merebus paru.
  13. Kamu siapin 500 ml santan.
  14. Sobat juga memerlukan 2 sdt garam.
  15. Anda membutuhkan 1/2 sdt gula.
  16. Anda perlu Bumbu Rempah.
  17. Silahkan kamu siapkan 2 batang serai geprek.
  18. Kamu butuh 1 jempol jahe geprek.
  19. Anda Memerlukan 5 cm lengkuas.
  20. Persiapkan 5 butir cengkeh.
  21. Kamu membutuhkan 3 butir kapulaga.
  22. Sobat juga memerlukan 2 biji bunga lawang.
  23. Persiapkan 6 lbr daun jeruk.
  24. Kamu membutuhkan 5 lbr daun salam.

Sekilas, empal gentong terlihat seperti gulai atau soto dengan daging sapi yang empuk dan jeroan. Kemudian dimasak menggunakan gentong dari tanah Tempat makan empal gentong satu ini sudah berdiri sejak enam tahun lalu. Termasuk salah satu tempat makan yang laris di Cirebon, apalagi saat. Empal gentong adalah olahan daging sapi menyerupai gulai.

Intruksi cara memasak Empal Gentong versi Mamake Mas Ganteng

  1. Rebus daging dan paru dalam panci terpisah. Kemudian potong potong sesuai selera. Sisihkan air kaldu sisa rebusan daging.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, jinten, kemiri, kunyit, merica dan ketumbar dg cara diuleg agar bumbu lebih keluar rasanya. Panaskan minyak, tumis bumbu halusnya sampai matang.
  3. Siapkan bumbu rempah rempah. Masukkan ke dalam tumisan bumbu. Tumis hingga nampak layu.
  4. Panaskan kembali sisa air rebusan daging. Kemudian masukkan ke dalam tumisan rebusan daging, aduk aduk sebentar agar bumbu tercampur dg daging.
  5. Tambahkan sedikit dan masak hingga bumbu tercampur merata dan air menyusut. Bumbui gula garam.
  6. Kemudian campur semua bahan ke dalam air kaldu. Tunggu hingga mendidih. Masukkan santan, kecilkan api. Masak santan hingga mendidih. Koreksi rasa.
  7. Matikan api. Sajikan empal gentong dg kentang goreng, cabe kering dan sayuran sesuai selera, taburkan bawang goreng. Empal gentong siap dinikmati 😋😋😋.

Uniknya, kuliner ini dimasak menggunakan gentong besar yang terbuat dari tanah liat. Tempat makan empal gentong ini kerap dipadati wisatawan tiap akhir pekan, ataupun musim liburan. Pertama kali saya mendengan Masakan Empal Gentong yang ada di benak saya adalah daging sapi yang di goreng. Seperti Resep Masakan Indonesia yang lain yang menggunakan bahan daging sapi dan jeroan sebagai isian utamanya, Resep Empal Gentong Enak Cirebon ini memang tidak cocok. Empal gentong (Carakan: ꦲꦼꦩ꧀ꦥꦭ꧀ ꦒꦼꦤ꧀ꦛꦺꦴꦁ aksara Sunda: ᮈᮙ᮪ᮕᮜ᮪ ᮍᮨᮔ᮪ᮒᮧᮀ) adalah makanan khas masyarakat Cirebon, Jawa Barat.

Begitulah pembahasan Empal Gentong versi Mamake Mas Ganteng terima kasih atas kunjungannya, jika dirasa artikel situs ini bermanfaat suport saya dengan cara share postingan artikel website ini ke akun sosial media favorit kamu seperti facebook, instagram dan lain sebagainya, atau bisa juga menandai halaman blog ini,artikel ini dikelompokkan ke dalam kategori Empal Gentong versi Mamake Mas Ganteng.

LihatTutupKomentar

ads1

close