ads2

ads3

Tutorial membuat Pempek ikan gabus/haruan

Pempek ikan gabus/haruan ~Pada poklahsar berkat bersama di desa Sungai Buluh, kecamatan Labuan Amas Utara , Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Ikan Gabus merupakan salah satu hewan endemik yang ada di Indonesia sejak lama. Ikan satu ini bisa dengan mudah anda temui di setiap tempat berair Di malaysia dan wilayah Kalimantan Utara, ikan satu ini lebih populer dengan sebutan aruan atau ikan haruan. Memang saat ini sedang banyak dicari oleh pengguna disekitar kita, salah satunya kamu. Mereka memang telah terbiasa menggunakan internet di HP untuk mencari informasi gambar untuk dijadikan ide. Berikutnya merupakan gambar mengenai Pempek ikan gabus/haruan yang bisa kalian jadikan contoh.

Pempek ikan gabus/haruan Setelah bumbu matang dan harum kasih air sedikit. Ikan Haruan di Jawa terkenal sebagai ikan Kutuk atau ikan Gabus. Sebutan ikan Haruan sendiri berasal dari negeri jiran Malaysia. anda sanggup memasak Pempek ikan gabus/haruan gunakan 8 bahan 4 langkah. Inilah langkah-langkah untuk membuatnya.

Komposisi untuk memasak Pempek ikan gabus/haruan

  1. Sobat juga memerlukan 500 gram ikan gabus giling.
  2. Anda membutuhkan 1 butir telur.
  3. Silahkan sobat persiapkan 3 siung bawang putih.
  4. Kamu butuh 1 sdt garam.
  5. Anda Memerlukan 1 sdt kaldu bubuk.
  6. Silahkan kamu siapkan 400 gram sagu/tepung tapioka.
  7. Kamu perlu 200 ml air.
  8. Silahkan sobat siapkan 2 sdm minyak sayur.

Sementara dalam bahasa Inggris disebut dengan snakehead dengan nama ilmiah Channa striata. Habitat asli ikan Haruan adalah perairan dangkal berlumpur. Ikan gabus adalah sejenis ikan predator yang hidup di air tawar. Ikan ini dikenal dengan banyak nama di berbagai daerah: bocek dari riau, aruan, haruan (Mly.,Bjn), kocolan (Btw.), bogo (Sd.), bayong, bogo, licingan (Bms.), kutuk (Jw.), kabos (Mhs.) dan lain-lain.

Langkah cara memasak Pempek ikan gabus/haruan

  1. Campur daging ikan gabus giling dengan telur, garam, bawang putih (bawang putih sudah d haluskan kaldu bubuk dan minyak sayur..
  2. Masukan tepung tapioka sedikit² lalu tambahkan air adon terus sampai kalis yaa...
  3. Jika sudah kalis bisa di bentuk pempek lenjer kapal selam. Jangan lupa air untuk ngerebus pempek nya beri sedikit minyak ya biar tidak lengket..
  4. Jika sudah siap di goreng yaa bun.

Selama ini kalau makan pempek saya tidak pernah tau terbuat dari ikan apa. Ikan gabus (Channa striata) merupakan salah satu jenis ikan perairan rawa yang bernilai ekonomis tinggi. Pemanfaatan ikan gabus berbagai ukuran dari kecil Ikan gabus memiliki potensi biologi yang baik untuk dikembangkan menjadi komoditi budidaya perikanan. Ikan gabus bisa dikonsumsi secara langsung atau pun setelah diekstrak dan dikemas dalam bentuk kapsul. Manfaat ekstrak ikan gabus juga tidak kalah dengan khasiat ikan gabus ketika dikonsumsi secara langsung.

Begitulah pembahasan Pempek ikan gabus/haruan terima kasih atas kunjungannya, jika dirasa postingan situs ini bermanfaat suport kami dengan cara share postingan artikel website ini ke akun sosial media favorit kamu seperti facebook, instagram dan lain sebagainya, atau bisa juga mem-bookmark halaman blog ini,konten ini dikelompokkan ke dalam kategori Pempek ikan gabus/haruan.

LihatTutupKomentar

ads1

close