ads2

ads3

Tutorial membuat Pepes Ayam Kemangi Khas Sunda

Pepes Ayam Kemangi Khas Sunda ~Pepes ayam ini sungguh populer bagi masyarakat Sunda Jawa Barat dan daerah Jawa Tengah. aroma wangi lezat dari daun pisang yang dikukus menciptakan aroma khas dari sebuah masakan pepes. ditambah lagi daun kemangi yang disertakan ke dalam pepes ayam menambah ciri khas aroma wangi sedap ketika kita membuka pepes ayam hangat ketika usai dikukus. ehhhm, mantap!! pepes ayam daun kemangi ini paling. Pepes ayam ini begitu populer bagi masyarakat Sunda Jawa Barat, aroma lezat dari daun kemangi menjadi bagian dari ciri khasnya. Berikut adalah resep pepes ayam kemangi khas bumbu masakan Sunda yang enak beserta cara membuatnya yang praktis menggunakan wajan. Memang waktu ini sedang banyak dicari oleh masyarakat disekitar kita, salah satunya kalian. Mereka memang sudah terbiasa menggunakan internet di smartphone untuk mendapatkan informasi gambar untuk dijadikan wawasan. Selanjutnya adalah gambar berkaitan dengan Pepes Ayam Kemangi Khas Sunda yang dapat Anda jadikan contoh.

Pepes Ayam Kemangi Khas Sunda Bakar daun pisang sebentar diatas api agar tidak kaku sehingga bungkusan pepes tidak mudah sobek. Pepes Ayam sangat populer bagi orang Sunda di Jawa Barat, aroma daun kemangi adalah bagian dari ciri khasnya. Berikut adalah resep untuk pepes ayam pepes yang merupakan khas dari rempah-rempah khas Sunda yang lezat dan cara membuatnya yang praktis dengan wajan. kamu dapat membuat Pepes Ayam Kemangi Khas Sunda manfaatkan 19 bahan 7 langkah. Inilah step by step untuk membuatnya.

Komposisi untuk memasak Pepes Ayam Kemangi Khas Sunda

  1. Selain itu juga tambahkan 1 kg ayam.
  2. Silahkan kamu persiapkan 3 lembar daun salam.
  3. Persiapkan 4 lembar daun jeruk.
  4. Anda membutuhkan 2 ruas lengkuas.
  5. Silahkan kamu persiapkan 5 ikat daun kemangi.
  6. Anda membutuhkan 2 buah tomat.
  7. Sediakan juga 2 batang daun bawang.
  8. Sobat juga memerlukan 10 butir cabe rawit merah.
  9. Sobat juga memerlukan Secukupnya daun pisang untuk membungkus.
  10. Sediakan juga Bumbu halus.
  11. Anda butuh 8 siung bawang merah.
  12. Sediakan juga 5 siung bawang putih.
  13. Anda Memerlukan 1 ruas jempol kunyit.
  14. Kamu butuh 4 butir kemiri sangrai.
  15. Selain itu juga tambahkan 1 sdt ketumbar.
  16. Silahkan kamu siapkan Bumbu lainnya.
  17. Kamu siapin 1 sdt garam.
  18. Kamu butuh 2 sdt penyedap ayam.
  19. Silahkan sobat persiapkan 3 sdt gula pasir.

Bukan hanya ikan, banyak bahan makanan lain yang bisa diolah menjadi pepes. Seperti tempe, tahu, telur, jamur, dan ayam. Variasi pemasakan pepes pun juga beraneka ragam, seperti pepes bumbu kuning atau putih. Pepes ala jawa timuran yang berbumbu tajam dan pedas atau pepes ala sunda yang berbumbu ringan dan sedikit manis.

Intruksi cara membuat Pepes Ayam Kemangi Khas Sunda

  1. Cuci bersih semua bahan. Kemudian blender bumbu hingga halus. Bisa juga diuleg..
  2. Panaskan wajan, masukkan minyak kemudian tumis bumbu halus hingga bau langu hilang..
  3. Masukkan semua bumbu cemplung, jangan lupa lengkuasnya digeprek dulu biar aromanya keluar, daun salam dan daun jeruk agak diremas. Masukkan tomat dan tambah air. (Tomat juga bisa dimasukkan menjelang akhir bareng daun bawang.).
  4. Masukkan ayam dan ungkep hingga air surut. Setelah surut masukkan bawang daun. (Tomat bisa dimasukkan saat ini biar gak terlalu benyek).
  5. Lalu bungkus dengan daun pisang biar wangi. (Gak ada fotonya karena kelupaan). Urutan bungkus pepes: daun kemangi-ayam-daun kemangi lagi-cabe rawit. Selama dibungkus ini cabe rawit dimasukkan gelontoran. Aku masukkan 2 butir tiap bungkus. Jadi ada pepes yg pedas ada yg engga..
  6. Setelah semua dibungkus kukus selama 15 menit..
  7. Setelah 15 menit pepespun bisa dinikmati!.

Pepes dengan bumbu halus atau pepes dengan bumbu iris, serta masih banyak. Resep Pepes Ayam - Menurut Wikipedia, pepes atau pais merupakan ciri khas Jawa (Sunda) dalam mengolah bahan makanan dengan daun pisang untuk membungkus ikan beserta bumbunya. Biasanya, bahan utama yang digunakan adalah ikan, ayam, dan tahu. Bumbu yang digunakan meliputi rempah-rempah yang dihaluskan, dengan pelengkap berupa daun kemangi, tomat, dan cabai utuh/iris. Sebut saja resep ayam bakar sunda, sayur asem sunda, ikan bakar sunda, nasi bakar pepes sunda dan masih banyak Ciri khas resep pepes ayam kemangi yang kedua adalah terletak di bungkusnya.

Begitulah pembahasan Pepes Ayam Kemangi Khas Sunda terima kasih atas kunjungannya, jika dirasa postingan website ini bermanfaat suport kami dengan cara share postingan artikel situs ini ke akun sosial media favorit kamu seperti facebook, instagram dan lain-lain, atau bisa juga mem-bookmark halaman website ini,postingan ini dikelompokkan ke dalam kategori Pepes Ayam Kemangi Khas Sunda.

LihatTutupKomentar

ads1

close