ads2

ads3

Tutorial memasak Coto Makassar

Coto Makassar ~Resep Coto Makassar - Dari namanya saja, tentu semua orang tahu bahwa makanan ini berasal Coto makassar terbuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu yang cukup lama dan dicampur. Coto Makassar merupakan salah satu kuliner khas dari Makassar tentunya. Sebenarnya Coto ini sekilas sama dengan Resep Soto pada umumnya. Memang waktu ini sedang banyak dicari oleh teman-teman disekitar kita, salah satunya kamu. Mereka memang sudah terbiasa menggunakan internet di HP untuk melihat informasi gambar untuk dijadikan inspirasi. Berikutnya merupakan gambar berkaitan dengan Coto Makassar yang dapat Anda jadikan ide.

Coto Makassar Aromanya yang khas akan membuat setiap orang tergoda untuk mencicipinya. Coto Makassar adalah salah satu masakan khas Sulawesi Selatan yang cukup dikenal di Indonesia. Tidak salah kalau banyak yang mau mencoba belajar cara. kamu mampu memasak Coto Makassar mengfungsikan 28 bahan 8 langkah. Inilah langkah-langkah untuk membuatnya.

Bahan-bahan untuk memasak Coto Makassar

  1. Silahkan sobat persiapkan 1/2 kg daging sapi.
  2. Silahkan sobat persiapkan 1/2 kg lidah sapi.
  3. Silahkan kamu siapkan Jeruk nipis potong kecil2.
  4. Anda membutuhkan Bawang pree iris tipis.
  5. Kamu butuh Bawang goreng.
  6. Siapkan juga 2 lbr Daun salam.
  7. Silahkan kamu siapkan 2 lbr Daun jeruk.
  8. Siapkan juga 2 ruas jari Lengkuas.
  9. Anda membutuhkan 2 btg Sereh.
  10. Anda membutuhkan 100 gr Kacang tanah.
  11. Kamu membutuhkan 1 sdm garam.
  12. Silahkan sobat siapkan 1/2 sdt penyedap rasa.
  13. Silahkan kamu persiapkan 1 sdt gula pasir.
  14. Anda butuh Bumbu halus.
  15. Anda butuh 1 sdt merica.
  16. Anda membutuhkan 1 sdm ketumbar bubuk.
  17. Anda perlu Sedikit pala.
  18. Anda butuh 1 /2 sdt jintan.
  19. Persiapkan 5 siung bawang putih.
  20. Silahkan sobat siapkan 10 siung bawang merah.
  21. Sediakan juga 1 ruas jari jahe.
  22. Anda butuh 1 ruas jari lengkuas.
  23. Siapkan juga 3 btg Sereh ambil putihnya.
  24. Silahkan sobat siapkan 5 butir kemiri.
  25. Anda Memerlukan Bahan sambal.
  26. Persiapkan Cabe rawit.
  27. Sediakan Cabe keriting.
  28. Sobat juga memerlukan Cabe merah.

Coto makassar atau coto mangkasara adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. Soto Asal Makassar yang disebut juga Coto ini, memiliki rasa yang khas!

Step by step cara memasak Coto Makassar

  1. Rebus lidah sapi kupas kulit lidah. Buang airnya. Rebus daging sapi sampai empuk. Lalu potong-potong sesuai selera. Begitu jg dengan lidah dipotong sesuai selera..
  2. Sangrai ketumbar, merica, jintan dan pala. Setelah harum haluskan..
  3. Panaskan minyak, goreng bawang putih, bawang merah, sereh iris, jahe dan lengkuas. Setelah harum angkat dari wajan dan haluskan..
  4. Panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu halus, sereh digeprek, daun jeruk, daun salam, lengkuas.. Setelah berubah warna kuning keemasan, masukkan bumbu sangrai. Aduk rata sampai tercium harum lalu angkat dari perapian..
  5. Goreng kacang sampai matang lalu haluskan..
  6. Masukkan bumbu halus, kacang tanah yang dihaluskan, air rendaman beras dalam kuah. Tambahkan garam, gula penyedap rasa. Biarkan sampai bumbu meresap dalam daging..
  7. Untuk buat sambalnya. Goreng semua cabe keriting, cabe rawit dan cabe merah. Lalu haluskan..
  8. Hidangkan coto Makassar dengan irisan bawang pree, bawang goreng, jeruk nipis dan sambel. Pendamping makan coto adalah ketupat atau buras..

Rasa gurih dan kenikmatan daging, paru serta jeroannya akan membuatmu tak dapat melupakannya! Kelezatan Coto Makassar bisa kamu hadirkan di rumah. Ketika menyebutkan jenis-jenis masakan terkenal asal Sulawesi Selatan pastinya tidak akan jauh dari yang namanya Coto Makassar. Mendengar kata "coto" pastinya kita akan mengira bahwa kuliner satu ini adalah soto. Memang nama dan penampilannya hampir mirip antara kedua kuliner tersebut.

Begitulah pembahasan Coto Makassar terima kasih atas kunjungannya, jika dirasa postingan blog ini bermanfaat suport kami dengan cara share postingan artikel website ini ke akun sosial media favorit kamu seperti facebook, instagram dan lain sebagainya, atau bisa juga menandai halaman website ini,postingan ini dikelompokkan ke dalam kategori Coto Makassar.

LihatTutupKomentar

ads1

close