ads2

ads3

Cara memasak Nasi Jagung Empog Komplit

Nasi Jagung Empog Komplit ~Saya ingin sekali bikin Nasi Empog / Nasi Jagung yang lauknya komplit seperti yang dijual di warung makan Kota Malang,,Akhirnya terlaksana. Awalnya kami dikasih Beras Jagung sama sahabat saya, yang tekstur beras Gambar itu, gambar jualan saya. Tapi saya hanya menuliskan cara membuat nasi jagung. Memang akhir-akhir ini sedang banyak dicari oleh pengguna disekitar kita, salah satunya kamu. Mereka memang sudah terbiasa menggunakan internet di smartphone untuk mencari informasi gambar untuk dijadikan ide. Seterusnya merupakan gambar berkaitan dengan Nasi Jagung Empog Komplit yang dapat kamu jadikan wawasan.

Nasi Jagung Empog Komplit Nasi Jagung Wakini adalah salah satu makanan tradisional khas Batu yang memiliki cita rasa melimpah. Jangan ngaku pecinta kuliner sejati kalau belom cobain Nasi Empog Wakini ini deh! Nasi Empog atau istilah jawanya sego empog ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat pedesaan,entahlah kenapa menu ini di kebun / sawah lalu anda lapar sekali,nasi empog komplit ada di depan anda dan anda menikmatinya.silahkan di coba ! ada nasi jagung,sayur labu siam,urap. kamu sanggup membuat Nasi Jagung Empog Komplit gunakan 66 bahan 7 langkah. Berikut cara anda untuk memasaknya.

Komposisi untuk memasak Nasi Jagung Empog Komplit

  1. Anda membutuhkan Bahan Nasi Empog / Nasi Jagung :.
  2. Kamu perlu 250 gr Beras Jagung.
  3. Kamu membutuhkan 100 gr Beras Putih.
  4. Sediakan 350 ml Air Dingin.
  5. Sediakan juga 100 ml Air Panas.
  6. Persiapkan Bahan Urap - urap Sayur :.
  7. Anda perlu Bahan Sayur:.
  8. Silahkan sobat siapkan 100 gr Tauge Panjang.
  9. Sediakan 1 Ikat Bayam yg sudah dipotong2.
  10. Kamu membutuhkan 200 gr Kelapa Parut Bersih.
  11. Selain itu juga tambahkan 1 Liter Air Biasa.
  12. Sediakan Bumbu Urap2 :.
  13. Sediakan juga 3 Siung Bawang Putih.
  14. Kamu butuh 1 Ruas Kencur.
  15. Sobat juga memerlukan 7 pcs Cabe Kecil.
  16. Anda perlu 1 pcs Cabe Merah Besar.
  17. Selain itu juga tambahkan 2 lembar Daun Jeruk.
  18. Sobat juga memerlukan 1 sachet Terasi Udang.
  19. Kamu membutuhkan 20 gr Gula Merah / Gula Jawa.
  20. Silahkan sobat persiapkan Secukupnya Garam.
  21. Sediakan Secukupnya Gula.
  22. Anda perlu Secukupnya Penyedap Rasa.
  23. Anda butuh Bahan Sayur Lodeh Tahu Labu siam :.
  24. Kamu butuh 1 bh Labu Siam dirajang / dipotong memanjang.
  25. Selain itu juga tambahkan 10 bh Tahu Putih dipotong dadu.
  26. Silahkan sobat siapkan 1 sdm Udang Kering / Ebi.
  27. Silahkan kamu persiapkan Bumbu Sayur Lodeh :.
  28. Sediakan 5 siung Bawang Merah.
  29. Kamu siapin 2 siung Bawang Putih.
  30. Anda membutuhkan 1 bh Cabe Besar.
  31. Persiapkan 5 pcs Cabe Kecil.
  32. Silahkan sobat siapkan 1/2 sdt Kunyit Bubuk.
  33. Anda perlu 1 Ruas Lengkuas.
  34. Sediakan 2 Lbr Daun Salam.
  35. Anda Memerlukan 1 ruas Kencur.
  36. Anda butuh 1 sdt Ketumbar.
  37. Persiapkan 1 bks Santan Kara.
  38. Anda butuh secukupnya Garam.
  39. Silahkan sobat persiapkan secukupnya Gula.
  40. Anda Memerlukan secukupnya Penyedap rasa.
  41. Silahkan kamu persiapkan Bahan Ikan Asin Sambalado :.
  42. Kamu membutuhkan 100 gr Ikan Asin.
  43. Silahkan sobat siapkan 250 ml Air Panas.
  44. Kamu perlu Bumbu Ikan Asin Sambalado :.
  45. Silahkan sobat persiapkan 4 siung Bawang Merah.
  46. Silahkan sobat persiapkan 3 siung Bawang Putih.
  47. Silahkan sobat siapkan 2 lbr Daun Jeruk.
  48. Kamu membutuhkan 1 sachet saori Saos Tiram.
  49. Kamu perlu 1 ruas Lengkuas.
  50. Sediakan juga 5 pcs Cabe Merah Kecil.
  51. Anda Memerlukan Bahan Bakwan Jagung Wortel :.
  52. Kamu butuh 350 gr Jagung Muda.
  53. Silahkan kamu persiapkan 1 bh Wortel.
  54. Persiapkan 2 bh Telur Ayam.
  55. Silahkan kamu siapkan 10 sdm Tepung Terigu.
  56. Sobat juga memerlukan 50 ml Air Biasa.
  57. Kamu perlu 2 btg Seledri.
  58. Persiapkan 1 btg Daun Bawang.
  59. Selain itu juga tambahkan Bumbu Perkedel Jagung :.
  60. Silahkan sobat siapkan 5 siung Bawang Merah.
  61. Selain itu juga tambahkan 3 siung Bawang Putih.
  62. Silahkan sobat persiapkan 3 Bh Cabe Kecil.
  63. Silahkan kamu persiapkan 1 ruas Kunci.
  64. Kamu butuh Secukupnya Garam.
  65. Sediakan Secukupnya Gula.
  66. Kamu siapin Secukupnya Penyedap Rasa.

Nasi jagung atau biasa disebut nasi empog merupakan salah satu makanan khas indonesia yang berbahan dasar jagung yang telah tua dan ditumbuk. Nasi jagung sangat familiar dikalangan masyarakat di pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah, Jawa Timur, Flores, Sumbawa, dan pulau Timor. Kota Batu cukup serius menggarap olahan jagung sebagai pengganti nasi menjadi salah satu kuliner tradisional. Kali ini makanan yang dibuat dari campuran jagung itu dikemas dalam Festival Sego Empog.

Langkah cara memasak Nasi Jagung Empog Komplit

  1. Memasak Nasi Jagung Empog dulu dengan cara Ampok Matang disiram pakai air panas lalu tiriskan, Bersihkan Beras Putih lalu masukkan ke Magic Jar dan beri beras jagung ampok yg sudah disiram pakai air panas tersebut dan beri air biasa 350 ml lalu pencet Cook dan tunggu hingga matang, sajikan.
  2. Memasak Sayur untuk urap2 dengan cara Rebus air 1 liter dan setelah mendidih masukkan Tauge yg sudah dicuci bersih dan tunggu sebentar lalu angkat dan ganti dengan sayuran Bayam yg sudah dipotong potong dan dicuci bersih dan masukkan tunggu sebentar angkat dan tiriskan, sajikan(Masak Sayur sebentar saja, mendidih air masukkan dan tunggu mendidih langsung sayur angkat, agar tidak kematangan).
  3. Memasak sayur untuk urap2 dengan cara Blender semua bahan dan Tumis hingga harum dan masukkan kelapa parut dan matang, sajikan.
  4. Memasak sayur Lodeh yaitu Blender semua bumbu sayur lodeh kecuali santan, daun salam dan lengkuas, kemudian sangrai Ebi atau udang kering yg sdh dicuci bersih sampai kering dan tambahkan minyak secukupnya untuk menumis Bumbu ditambah lengkuas geprek dan daun salam hingga harum dan matang beri air 50 ml dan masukkan Labu siam yg sudah di rajang tipis dan memanjang setelah layu masukkan Tahu yg sudah dipotong dadu aduk rata, beri air 500 ml dan santan kara 1 bks lalu aduk rata dan matang, sajikan.
  5. Memasak Ikan Asin sambalado yaitu Bersihkan Ikan asin dengan cara direndam pakai air panas selama 5 Menit lalu saring dan tiriskan.lalu cincang semua bahan seperti bawang merah, bawang putih, daun jeruk, laos, cabe merah kecil lalu tumis dengan minyak secukupnya tunggu hingga matang dan mengering dan masukkan Ikan Asin yang sudah direndam di air panas tersebut,kemudian beri garam, gula, penyedap rasa dan saos tiram, matang dan sajikan.
  6. Memasak Perkedel Jagung yaitu Jagung disisir terlebih dahulu lalu cuci bersih dan 1/4 bagian saja ditambah bawang merah, bawang putih, kunci, cabe kecil, dan beri 50 mk air diblender sampai halus, kemudian hasil blender tersebut masukkan ke dalam wadah dan ditambahkan sisanya jagung sisir an utuh, wortel yang di serut memanjang, daun seledri cincang, daun bawang cincang, telor, tepung terigu, garam, gula, penyedap rasa dan aduk hingga rata dan goreng,matang, sajikan.
  7. Akhirnya Nasi Jagung Empog Matang dengan 4 Lauk Pauk sudah siap disajikan. Selamat Mencoba.

Nasi jagung (Nasek empog) adalah variasi nasi khas bagi masyarakat Madura. Nasi ini terdiri dari nasi putih yang dicampur dengan biji jagung yang telah dimasak bersama dengan nasi tersebut. Nasi jagung sama dengan nasi putih biasa dimakan dengan lauk-pauk lainnya. Nasi jagung (nasek empog, nasi ampok, nasi empok) adalah suatu makanan khas Indonesia yang terbuat dari jagung sebagai bahan dasarnya. Jagung yang digunakan dalam membuat nasi jagung adalah jagung yang sudah tua atau dikenal dengan istilah jagung "pipil". restaurant Add category.

Begitulah pembahasan Nasi Jagung Empog Komplit terima kasih atas kunjungannya, jika dirasa postingan website ini bermanfaat suport kami dengan cara bagikan postingan artikel situs ini ke akun sosial media yang kamu punya seperti facebook, instagram dan lain-lain, atau bisa juga mem-bookmark halaman website ini,konten ini dikelompokkan ke dalam kategori Nasi Jagung Empog Komplit.

LihatTutupKomentar

ads1

close