ads2

ads3

Panduan memasak Empal Gentong Khas Cirebon

Empal Gentong Khas Cirebon ~Ternyata, setelah saya mencoba mencicipinya, Resep Empal Gentong khas Cirebon ini merupakan salah satu variasi masakan Soto yang menggunakan campuran daging sapi, babat, limpa sapi dan jeroan sapi yang lain sebagai isi utamanya. Cita rasa dari empal gentong mirip dengan gulai tetapi kuahnya encer seperti soto, Rasa menonjol adalah gurih sedikit pedas rempah. Sajian ini nikmat disajikan dengan bawang goreng dan irisan kucai sebagai pelengkap hidangannya dan penambah cita rasa. Memang waktu ini sedang banyak dicari oleh sebagian orang disekitar kita, salah satunya sobat. Mereka memang telah terbiasa menggunakan internet di smartphone untuk melihat informasi gambar untuk dijadikan wawasan. Seterusnya adalah gambar tentang Empal Gentong Khas Cirebon yang bisa sobat jadikan inspirasi.

Empal Gentong Khas Cirebon Di Bandung juga ada Warung Dua Putri, penjual empal khas. Resep Membuat Empal Gentong Khas Cirebon - Empal gentong merupakan makanan atau jajanan kuliner khas dari kota Cirebon. Makanan ini adalah salah satu jenis makanan berkuah juga memiliki rasa yang enak. anda dapat membuat Empal Gentong Khas Cirebon mengfungsikan 28 bahan 8 langkah. Berikut langkah-langkah untuk memasaknya.

Bahan-bahan untuk memasak Empal Gentong Khas Cirebon

  1. Kamu membutuhkan Daging sapi, kikil,babat(saya pke iga,tulang muda,dan kikil).
  2. Kamu perlu 1 ruas jahe bakar geprek.
  3. Kamu butuh 1 ruas kunyit bakar geprek.
  4. Persiapkan 2 batang sereh geprek.
  5. Anda Memerlukan 1 ruas lengkuas geprek.
  6. Kamu membutuhkan 2 buah kayu manis uk sedang.
  7. Kamu perlu 3 buah cengkeh.
  8. Anda membutuhkan 3 buah kapulaga.
  9. Kamu siapin 2 lembar daun salam.
  10. Persiapkan 1 santan kara campur 50 ml air.
  11. Sobat juga memerlukan Air rebusan jeroan/daging.
  12. Sobat juga memerlukan Bumbu Halus.
  13. Kamu butuh 8 siung bawang merah.
  14. Anda butuh 4 siung bawang putih.
  15. Kamu membutuhkan 1 ruas jahe.
  16. Persiapkan 1 ruas kunyit bakar.
  17. Silahkan sobat persiapkan 6 buah kemiri bakar/sangrai.
  18. Sediakan 1 sdt merica bulat (lada bubuk).
  19. Kamu perlu Tambahan dan pelengkap.
  20. Anda Memerlukan Minyak utk menumis bumbu halus.
  21. Silahkan sobat persiapkan 1 sdt garam.
  22. Sediakan juga 1 sdt lada bubuk.
  23. Sobat juga memerlukan 1 sdt kaldu bubuk sapi(royco).
  24. Anda perlu 2 sdt gula pasir.
  25. Silahkan kamu siapkan Bawang goreng.
  26. Sobat juga memerlukan Daun bawang/kucai.
  27. Silahkan kamu siapkan Cabe bubuk.
  28. Sediakan juga Perasan Jeruk limo.

Sangat cocok bagi anda yang memang suka makan makanan berkuah, terutama empal gentong. Salah satu kuliner khas Cirebon, Jawa Barat yakni empal gentong kini cukup populer di wilayah III Cirebon. (Juan) Ciremaitoday.com, Cirebon - Salah satu kuliner wajib dicoba ketika ke Cirebon adalah Empal Gentong. Makanan berkuah berupa kari berisi daging sapi, sudah menjadi kuliner ikonik di Cirebon. Empal gentong, kuliner khas Cirebon yang terdiri dari usus, babat, dan irisan daging sapi ini tampilannya mirip dengan gulai.

Step by step cara memasak Empal Gentong Khas Cirebon

  1. Daging dan jeroan yg sudah di cuci bersih rebus /presto, setelah empuk buang air nya lalu rebus lagi dgn air yg baru.
  2. Jika sudah agak mendidih, matikan kompor sisihkan dlu di pancinya..
  3. Skrg bumbu yg sudah di haluskan ditumis sampai harum sambil masukan daun salam, sereh, lengkuas, kunyit, jahe, cengkeh, kapulaga, kayu manis. Tumis sampai harum.
  4. Setelah bumbu harum masukan tumisan bumbu ke dlm panci rebusan daging dan jeroannya, aduk rata.
  5. Masukan santan, garam, lada, kaldu bubuk, dan gula pasir.aduk rata. Tes rasa..
  6. Setelah pas rasa dan sudah mulai matang, daging di tiriskan di wadah terpisah..
  7. Ketika ingin di sajikan potong2 daging dan jeroan, sajikan dlm.mangkuk, siram dgn kuah nya, taburi bawang goreng, air jeruk limo/nipis, kucai/daun bawang, tmbha cabe bubuk..
  8. Siap sajikan.selamat mencoba 🙏😊.

Itulah mengapa masyarakat menyisipkan kata 'gentong' dalam nama panganan ini. Apud ini memulai usahanya dengan berjualan Empal Gentong di warung sederhana yang didirikannya ditepi jalan Ir. Empal gentong, masakan khas Cirebon kesukaan Pak suami selain nasi lengko. Pak suami memang lahir dan besar di Cirebon, hehe. Pertama kali nya bikin ini dan alhamdulillah hasil nya enaak.

Begitulah pembahasan Empal Gentong Khas Cirebon terima kasih atas kunjungannya, jika dirasa artikel website ini bermanfaat suport kita dengan cara bagikan postingan artikel website ini ke akun sosial media yang kamu punya seperti facebook, instagram dan lain-lain, atau bisa juga menandai halaman blog ini,postingan ini dikelompokkan ke dalam kategori Empal Gentong Khas Cirebon.

LihatTutupKomentar

ads1

close