ads2

ads3

Step by step membuat Opor ayam

Opor ayam ~Find Deals on Opor Ayam in Seasonings on Amazon. Ingredients for Opor Ayam - Chicken in Coconut Milk. Opor ayam (chicken cooked in coconut milk) is one of many Indonesian dishes from Central Java. Memang akhir-akhir ini sedang banyak dicari oleh masyarakat disekitar kita, salah satunya sobat. Mereka memang telah terbiasa menggunakan internet di smartphone untuk mendapatkan informasi gambar untuk dijadikan wawasan. Berikutnya merupakan gambar mengenai Opor ayam yang bisa kamu jadikan ide.

Opor ayam Lihat juga resep Opor Ayam Spesial Idul Adha enak lainnya! Opor ayam is an Indonesian dish consisting of chicken cooked in coconut milk from Central Java. Spice mixture include galangal, lemongrass, cinnamon, tamarind juice, palm sugar, coriander, cumin, candlenut, garlic, shallot, and pepper. anda mampu memasak Opor ayam memakai 20 bahan 9 langkah. Inilah langkah-langkah untuk membuatnya.

Bumbu dan bahan untuk memasak Opor ayam

  1. Anda butuh 1 ekor ayam potong 12 bagian.
  2. Anda Memerlukan 3 sdm minyak goreng.
  3. Siapkan juga 1 L air.
  4. Anda perlu 1 Bungkus Santan Kental (Saya Pakai Kara).
  5. Silahkan sobat siapkan Bawang Goreng.
  6. Anda perlu Bumbu Halus:.
  7. Anda perlu 4 siung Bawang Putih.
  8. Anda membutuhkan 6 Siung Bawang Merah.
  9. Siapkan juga 3 butir kemiri.
  10. Selain itu juga tambahkan 3 cm kunyit.
  11. Anda membutuhkan 3 batang sereh.
  12. Silahkan kamu siapkan 5 lembar daun jeruk.
  13. Anda membutuhkan 2 lembar daun salam.
  14. Siapkan juga 1/2 sdt jinten bubuk.
  15. Anda perlu 2 cm jahe.
  16. Selain itu juga tambahkan 1/2 sdt ketumbar.
  17. Silahkan kamu persiapkan secukupnya Garam.
  18. Silahkan sobat siapkan secukupnya Kaldu Jamur Totole.
  19. Kamu membutuhkan 1/2 sdt micin (opsional).
  20. Sobat juga memerlukan Secukupnya Gula Aren.

Opor ayam merupakan masakan dengan bahan dasar daging ayam dan santan, yaitu ayam rebus yang dimasak dengan menggunakan bumbu kental dari santan yang lalu ditambahkan dengan bermacam-macam bumbu seperti serai, kencur, dan sebagainya. Opor ayam is an Indonesian chicken dish originating from the central to Eastern parts of the Java islands. This is usually served to enliven Ramadan in our tradition, along with ketupat and sambal goreng kentang (chile-fried potato). Be the first to review this recipe.

Langkah cara membuat Opor ayam

  1. Cuci bersih ayam, tiriskan.
  2. Siapkan semua bumbu, haluskan.
  3. Siapkan panci (Saya pakai panci Presto) isi dengan minyak, tumis bumbu yang sudah dihaluskan kemudian tambahkan air ).
  4. Masukan ayam ke dalam panci presto, aduk merata pastikan ayam tenggelam ke dalam air berbumbu....
  5. Tutup panci presto, masak selama 30-45 menit dengan api sedang.
  6. Setelah 30-45 menit, matikan api, keluarkan uap dalam panci dengan menyanggah bagian pucuk panci.. buka panci presto hanya ketika uap benar benar telah habis agar tidak meledak...
  7. Jika Panci sudah dibuka, aduk merata kemudian masukan santan kental (saya pakai kara) kemudian aduk merata.
  8. Setelah santan telah di campurkan ke dalam panci, nyalakan api kembali namun cukup api kecil saja kemudian masukan gula jawa secukupnya, kemudian aduk merata hingga Gula aren larut.. kemudian matikan api..
  9. Opor Ayam Siap disajikan dengan ketupat.. Jangan lupa taburkan Bawang goreng diatasnya agar lebih nikmat.

This mild Indonesian chicken curry usually served for special occasions such as Hari Raya Lebaran ( moslem's celebration after Ramadhan ). Opor ayam merupakan kuliner yang identik dengan Hari Raya umat Muslim. Olahan ayam dengan santan ini sering disajikan saat Idul Fitri dan Idul Adha. Makanan inipun sudah menyebar di seluruh wilayah di Indonesia. KOMPAS.com - Ayam sering dijadikan lauk dan bahan utama masakan, salah satu alasannya karena ayam mudah dikreasikan dan harga cukup terjangkau.

Begitulah pembahasan Opor ayam terima kasih atas kunjungannya, jika dirasa artikel blog ini bermanfaat suport kami dengan cara bagikan postingan artikel situs ini ke akun sosial media favorit kamu seperti facebook, instagram dan lain-lain, atau bisa juga mem-bookmark halaman website ini,postingan ini dikelompokkan ke dalam kategori Opor ayam.

LihatTutupKomentar

ads1

close