ads2

ads3

Resep Mpek - mpek Palembang

Mpek - mpek Palembang ~Pempek or Mpek-mpek is a delicacy from Palembang, South Sumatra. It is made of fish and sago flours and served together with a dark, rich sauce called cuko. Cuko is made from brown sugar, chilli pepper, garlic, vinegar, and salt to boiling water. Memang saat ini sedang banyak dicari oleh sebagian orang disekitar kita, salah satunya kamu. Mereka memang telah terbiasa mamnfaatkan internet di gadget untuk mencari informasi gambar untuk dijadikan contoh. Next adalah gambar mengenai Mpek - mpek Palembang yang bisa kalian jadikan inspirasi.

Mpek - mpek Palembang Mpek mpek bukan lagi makanan endemik yang hanya ada di satu kota tanpa bisa ditemukan di tempat lain. Sama seperti masakan Padang, pempek lenjer dan kapal selam banyak dijual di warung dekat rumahmu. Merek pempek Palembang yang sudah tersohor pun membuka cabang di berbagai kota. kamu sanggup membuat Mpek - mpek Palembang manfaatkan 23 bahan 4 langkah. Berikut langkah-langkah untuk memasaknya.

Bahan-bahan untuk memasak Mpek - mpek Palembang

  1. Silahkan kamu siapkan Bahan A :.
  2. Anda Memerlukan 500 ml air.
  3. Selain itu juga tambahkan 100 gram tepung terigu.
  4. Persiapkan 10 siung bawang putih.
  5. Silahkan kamu persiapkan 50 gram garam (sesuai selera).
  6. Kamu siapin 4 sdt gula pasir.
  7. Sobat juga memerlukan 5 sdm minyak sayur.
  8. Silahkan sobat siapkan secukupnya Penyedap rasa/kaldu jamur.
  9. Anda butuh Bahan B :.
  10. Anda Memerlukan 1 kg daging ikan tenggiri (haluskan).
  11. Kamu siapin 1 butir telur.
  12. Anda perlu 1 kg tepung tapioka.
  13. Sediakan juga Bahan kuah cuko :.
  14. Anda membutuhkan 1 1/2 Liter air.
  15. Anda Memerlukan 1 kg gula merah/gula batok.
  16. Silahkan kamu persiapkan 50 gram asam jawa (rendam air panas sampai kembang).
  17. Kamu membutuhkan 100 gram bawang putih.
  18. Persiapkan 100-150 gram cabe rawit.
  19. Sediakan 5 buah cabe merah.
  20. Anda butuh 1 – 1 ½ ebi sangrai (haluskan).
  21. Kamu membutuhkan secukupnya Garam.
  22. Sediakan juga secukupnya Kecap manis.
  23. Kamu butuh secukupnya Kaldu jamur.

Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Cara membuat pempek sebenarnya sederhana, tetapi butuh ketepatan agar rasa dan teksturnya pas.

Step by step cara membuat Mpek - mpek Palembang

  1. Cara membuatnya : Campur semua bahan A kecuali minyak sayur, kemudian masak sampai meletup – letup kemudian dinginkan. setelah dingin masukan minyak aduk rata..
  2. Dalam wadah yang besar campur daging ikan tenggiri + telur + bahan A lalu aduk rata. Kemudian masukan tepung tapioka lalu aduk kembali sampai rata. Adonan siap untuk dibentuk lenjer, keriting atau kapal selam. Untuk empek2 lenjer saya timbang adonan seberat 100 gram dan untuk kapal selam ukuran sedang 50 gram, sedangkan isian untuk kapal selam 5 butir telur yang dikocok lepas..
  3. Didihkan air beri sedikit minyak goreng + garam, kemudian rebus adonan empek - empek sampai matang (mengapung). Angkat dan tiriskan.
  4. Kuah Cuko Cara membuat : Masak air + gula merah + asam jawa masak sampai gula larut lalu saring. Kemudian masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan + cabe rawit + cabe merah + garam masak sampai mendidih. Setelah mendidih masukkan ebi halus dan kecap manis aduk rata koreksi rasanya. NOTE : Sebaiknya bawang putih yang sudah dihaluskan disimpan semalaman agar aroma bawang putihnya lebih terasa. Baru keesokan harinya dimasak bersama bahan lainnya..

Pempek atau empek-empek yang ideal memiliki tekstur kenyal dan gurih. Jika terlalu liat, berarti perbandingan tepung sagu dan ikannya tidak sesuai. Lihat juga resep Pempek udang guampang banget enak lainnya! Merdeka.com - pempek atau empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari daging ikan yang digiling lembut dan tepung kanji, dengan tambahan telur, bawang putih halus, penyedap rasa dan garam. Pempek disajikan dengan kuah saus berwarna hitam kecokelat-cokelatan, yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang).

Begitulah pembahasan Mpek - mpek Palembang terima kasih atas kunjungannya, jika dirasa postingan blog ini bermanfaat suport kami dengan cara share postingan artikel website ini ke akun sosial media favorit kamu seperti facebook, instagram dan lain sebagainya, atau bisa juga mem-bookmark halaman blog ini,postingan ini dikelompokkan ke dalam kategori Mpek - mpek Palembang.

LihatTutupKomentar

ads1

close