ads2

ads3

Cara memasak Candil Biji Salak / Candil Ketan

Candil Biji Salak / Candil Ketan ~Sekilas sajian manis ini mirip dengan bubur candil. Jika bulatan candil memakai tepung ketan, maka lain halnya dengan biji salak yang menggunakan ubi tumbuk. Biji salak kemudian dimasak dalam kuah gula kental dan disajikan bersama siraman kuah santan. Memang saat ini sedang banyak dicari oleh sebagian orang disekitar kita, salah satunya kamu. Mereka memang sudah terbiasa menggunakan internet di HP untuk mencari informasi gambar untuk dijadikan ide. Next merupakan gambar tentang Candil Biji Salak / Candil Ketan yang bisa kalian jadikan inspirasi.

Candil Biji Salak / Candil Ketan Hidangan manis ini bisa ditemui di berbagai daerah yang ada di pulau Jawa. Semangkuk bubur biasanya berisi bubur sumsum atau candil, mutiara, biji salak/jenang grendul, cendol/hunkwe, lalu disiram kuah santan dan saus gula merah. Cara Membuat Kolak Candil Biji Salak Kenyal - Kolak biji salak adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung ketan dan dibentuk bulat-bulat kecil kemudian direbus dengan gula merah sehingga memiliki bentuk yang sama seperti biji salak. kamu dapat membuat Candil Biji Salak / Candil Ketan gunakan 14 bahan 5 langkah. Inilah cara anda untuk memasaknya.

Bahan-bahan untuk memasak Candil Biji Salak / Candil Ketan

  1. Sediakan 200 gr Tepung Ketan.
  2. Anda Memerlukan 2 sdm Tepung Beras.
  3. Anda perlu 1/2 sdt Garam.
  4. Kamu siapin 150 ml Air hangat.
  5. Kamu siapin Bahan Kuah.
  6. Silahkan kamu siapkan 500 ml Air.
  7. Anda butuh 100 gr Gula Merah.
  8. Silahkan sobat persiapkan 1 lembar daun pandan.
  9. Kamu membutuhkan 2 sdm tepung tapioca larutkan dengan sedikit air.
  10. Siapkan juga Bahan Siram.
  11. Kamu perlu 65 ml Santan.
  12. Kamu butuh 50 ml air.
  13. Silahkan kamu persiapkan 1/2 sdt garam.
  14. Silahkan kamu persiapkan 1 lembar daun pandan.

Meskipun namanya kolak biji salak, namun makanan ini tidak terbuat dari biji salak asli melainkan dari tepung beras ketan seperti yang sudah disebutkan. Resep Cara Membuat Kolak Candil Ketan Enak dan Kenyal - Candil adalah nama jenis makanan yang terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bulat-bulat kecil dan biasa direbus dengan gula merah juga sajikan dengan santan kelapa kental. Candil tepung ketan juga biasa disebut dengan nama lain dari bubur biji salak atau kolak biji salak, karena bentuk dan ukurannya yang bulat menyerupai biji salak. Selain dari bahan tepung ketan, candil atau biji salak biasanya waktu masa-masa kecil dan gadis saya di Bandung, saya buat dari ubi kuning yang diberi sedikit tepung tapioka.

Step by step cara membuat Candil Biji Salak / Candil Ketan

  1. Campur rata bahan kering, beri 150ml air hangat.
  2. Uleni hingga bisa dipulung.
  3. Rebus gula merah dengan daun pandan hingga mendidih dan gula larut.
  4. Masukkan adonan candil kedalam rebusan gula, rebus hingga mengapung dan matang, masukkan larutan tapioca agar kuah mengental,aduk sebentar, matikan api.
  5. Buat kuah siramnya,campur santan+air+garam+daun pandan rebus hingga mendidih, siram diatas candil, siap disajikan✨.

Untuk itu, sudah seharusnya kita juga mengenalkan makanan Kolak Biji Salak ini. Selain rasanya yang tidak kalah lezat dengan masakan yang berasal dari luar negeri, Resep Kolak Biji Salak dengan ubi atau tepung ketan ini juga banyak menggunakan bahan bahan makanan yang dijamin kualitas dan kandungan gizinya. Resep Cara Membuat Kolak Candil Kenyal dan Nikmat - Kolak candil atau biasa juga disebut bubur biji salak adalah makanan yang bahan utamannya dari tepung ketan yang dibentuk bulat-bulat yang ukuranya menyerupai biji salak. Kolak candil ketan ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan kolak lainya, yaitu memiliki kekenyalan yang enak dan nikmat. Beda dengan biji salak, candil berasal dari daerah Jawa seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Begitulah pembahasan Candil Biji Salak / Candil Ketan terima kasih atas kunjungannya, jika dirasa postingan website ini bermanfaat suport saya dengan cara bagikan postingan artikel situs ini ke akun sosial media favorit kamu seperti facebook, instagram dan lain sebagainya, atau bisa juga mem-bookmark halaman website ini,postingan ini dikelompokkan ke dalam kategori Candil Biji Salak / Candil Ketan.

LihatTutupKomentar

ads1

close