ads2

ads3

Panduan membuat Gudeg Nangka

Gudeg Nangka ~Gudeg siap disajikan dengan makanan pendamping lainnya. Mudah dan praktis bukan jika Anda ingin membuat gudeg nangka enak. Tidak perlu ke Yogjakarta untuk menikmati gudeg nangka, Anda bisa membuat sendiri makanan khas Yogjakarta satu ini dengan mudah dan ekonomis dan dengan cita rasa yang menggoda. Memang waktu ini sedang banyak dicari oleh pengguna disekitar kita, salah satunya kalian. Mereka memang sudah terbiasa menggunakan internet di ponsel untuk mencari informasi gambar untuk dijadikan inspirasi. Berikutnya merupakan gambar seputar Gudeg Nangka yang dapat Anda jadikan inspirasi.

Gudeg Nangka Selain sayur nangka, biasanya gudeg disajikan juga dengan sambal goreng krecek. Rasanya yang manis dan legit menjadi ciri khas hidangan yang satu ini. Membuat gudeg dibutuhkan teknik memasak slow cooking. anda dapat membuat Gudeg Nangka gunakan 18 bahan 5 langkah. Inilah step by step untuk membuatnya.

Bahan dan bumbu untuk memasak Gudeg Nangka

  1. Kamu siapin 800-1 kg nangka muda. (me 1 kg).
  2. Selain itu juga tambahkan 5 btr telur rebus, Kupas(bisa skip).
  3. Anda perlu 10 bh bawang merah.
  4. Sediakan 4 siung bawang putih.
  5. Silahkan kamu persiapkan 8 btr kemiri.
  6. Siapkan juga 1 sdm ketumbar (me 1sdm yg bubuk).
  7. Silahkan sobat siapkan Bumbu cemplung.
  8. Selain itu juga tambahkan 6 lbr daun salam.
  9. Kamu perlu 3 lbr daun jeruk.
  10. Kamu perlu 3 cm lengkuas geprek (me 20 gr).
  11. Silahkan sobat persiapkan 2 btg serai geprek (skip).
  12. Silahkan kamu persiapkan 150 gr gula merah (me 100 gr).
  13. Selain itu juga tambahkan 1 btr kelapa ambil santannya (me santan instant 200 ml).
  14. Silahkan sobat siapkan Secukupnya garam & gula.
  15. Anda membutuhkan Secukupnya kaldu bubuk (skip) me pakai air kaldu.
  16. Silahkan sobat persiapkan 1 ktg teh celup (me seduh air panas, buang ampasnya).
  17. Silahkan kamu persiapkan 4 sdm kecap manis (me).
  18. Silahkan sobat persiapkan Secukupnya air (me).

Lihat juga resep Gudeg Nangka enak lainnya! Resep dengan petunjuk video: Gudeg adalah salah satu makanan khas Yogyakarta. Warna coklat dari gudeg biasanya dihasilkan dari daun jati, yang dimasak dengan santan dan beberapa bumbu yang dihaluskan. Proses pemasakannya memakan waktu yang tidak sebentar.

Langkah cara membuat Gudeg Nangka

  1. Potong potong nangka agak besar, dan cuci bersih. Siapkan bersama bahan lainnya. Ulek halus bawang merah, bawang putih dan kemiri, sisihkan.
  2. Masukkan kedalam panci yg berisi air kaldu,semua bumbu cemplung, bumbu halus, gula, garam potongan nangka dan santan, tambah air secukupnya, aduk rata. Lalu tutup pancinya Masak dengan api sedang sampai mendidih. Selanjutnya masak dgn api kecil.
  3. Bila sudah 1 jam, masukkan telur rebusnya kemudian tutup lagi pancinya. Masak terus ya dengan api kecil. Jika sudah 1 jam buka pancinya, tes rasanya. Juga cek kuahnya. Bila suka gudeg nangka yg kering/ tidak berkuah lanjutkan memasaknya ya... Sambil dikontrol kondisi airnya dan diaduk biar tidak gosong.
  4. Jika sudah sesuai keinginan, matikan kompornya. Gudeg sudah matang.
  5. Gudeg Nangka sudah siap untuk disajikan.

Biasanya gudeg disajikan bersama telur pindang, sambal krecek dan nasi. Bahan baku pembuat gudeg sendiri juga tak melulu dari nangka muda (gori), tapi bisa juga menggunakan manggar (bunga kelapa) dan rebung. Selain jenis, bahan baku, dan lauk yang beragam, kemasan. Resep Gudeg Nangka - Yogyakarta, kota istimewa yang mempunyai julukan kota pelajar ini memang selalu memiliki beragam keunikan yang menarik para wisatawan. Tak hanya tempat bersejarahnya, namun kota Jogja juga memiliki beraneka ragam kuliner lezat yang menggugah selera.

Begitulah pembahasan Gudeg Nangka terima kasih atas kunjungannya, jika dirasa postingan blog ini bermanfaat suport kita dengan cara share postingan artikel website ini ke akun sosial media favorit kamu seperti facebook, instagram dan lain sebagainya, atau bisa juga mem-bookmark halaman blog ini,artikel ini dikelompokkan ke dalam kategori Gudeg Nangka.

LihatTutupKomentar

ads1

close