ads2

ads3

Resep Soto Padang

Soto Padang ~Padang merupakan salah satu tempat yang terkenal akan kelezatan kulinernya. Seperti daerah-daerah lain di Indonesia yang memiliki hidangan khas berupa soto, terdapat juga soto khas Padang. Soto Padang adalah hidangan berkuah kaldu sapi dengan bahan irisan daging sapi yang sudah digoreng kering, bihun (mie dari tepung beras), ditambah perkedel kentang dan dihidangkan panas-panas. Memang waktu ini sedang banyak dicari oleh sebagian orang disekitar kita, salah satunya kamu. Mereka memang telah terbiasa mamnfaatkan internet di HP untuk melihat informasi gambar untuk dijadikan wawasan. Berikutnya adalah gambar mengenai Soto Padang yang dapat sobat jadikan wawasan.

Soto Padang Cara Membuat Resep Soto Padang Asli Dengan Daging Kering Yang Lezat. Resep yang akan kita buat ini mungkin tidak sepopuler resep masakan Padang atau sate Padang yang memang bisa. Karena lagi bosan dengan Soto kudus, kamipun berpindah ke Soto padang. kamu dapat memasak Soto Padang gunakan 34 bahan 11 langkah. Berikut cara anda untuk membuatnya.

Komposisi untuk memasak Soto Padang

  1. Persiapkan Bahan Kaldu.
  2. Kamu perlu 400 g Daging Sapi (bisa ditambah tetelan atau lemak).
  3. Anda membutuhkan Air secukupnya (untuk blansir daging).
  4. Kamu membutuhkan 2 ltr Air.
  5. Sediakan juga 4 lbr Daun Salam.
  6. Anda perlu 1 btg Sereh ukuran sedang.
  7. Kamu siapin 4-5 lbr Daun Jeruk, buang tulangnya.
  8. Kamu butuh Bumbu Halus Kuah.
  9. Anda butuh 5 siung Bawang Putih.
  10. Sediakan juga 10-12 siung Bawang Merah.
  11. Anda perlu 1-2 ruas Jahe.
  12. Anda Memerlukan 1-2 ruas Lengkuas.
  13. Siapkan juga 1 sdt Merica.
  14. Kamu siapin 1/2 sdt Ketumbar.
  15. Anda Memerlukan 1 ruas Kunyit.
  16. Sediakan juga Minyak secukupnya untuk menumis.
  17. Kamu membutuhkan Bahan lainnya.
  18. Anda membutuhkan 4-6 biji Cengkeh.
  19. Sobat juga memerlukan 1/4 buah Pala, geprek.
  20. Sediakan juga 3-4 biji Kapulaga, geprek.
  21. Silahkan sobat persiapkan 1 buah Bunga Lawang.
  22. Silahkan sobat siapkan Tambahan.
  23. Anda Memerlukan secukupnya Garam.
  24. Selain itu juga tambahkan secukupnya Gula.
  25. Sediakan juga Kaldu blok/bubuk sapi (opsional, kalau ingin rasa lebih kuat).
  26. Kamu siapin Pelengkap Sajian.
  27. Siapkan juga Sohun.
  28. Kamu membutuhkan Perkedel (resep tersedia).
  29. Kamu membutuhkan Kerupuk Merah.
  30. Anda Memerlukan Daun Bawang, rajang halus.
  31. Silahkan kamu persiapkan Selederi, rajang halus.
  32. Kamu butuh Cabe giling.
  33. Sediakan juga Bawang goreng.
  34. Anda membutuhkan Jeruk Nipis.

Porsi sotonya lumayan kecil dan disajikan di mangkuk kecil, terpisah dengan nasinya. Soto padang merupakan soto yang berasal dari Padang, Sumatera Utara. Sama seperti soto pada umumnya, soto padang terdiri dari potongan daging sapi, soun, serta perkedel. Soto Padang adalah hidangan berkuah kaldu sapi dengan bahan irisan daging sapi yang sudah digoreng kering, soun, perkedel kentang ditambah kerupuk merah dan dihidangkan panas-panas.

Langkah cara memasak Soto Padang

  1. Cuci dan potong daging agar mudah matang, lalu masak dengan air secukupnya hanya sampai mendidih. Mendidih selama 5 menit. Untuk membuang sisa darah dan kotoran pada daging. Buang air, rebus kembali dengan 2 liter air dan bahan kaldu lainnya, sampai matang. (Bisa dilakukan dengan tes tusuk).
  2. Sementara itu siapkan bumbu halus, jika ingin kuah lebih bening, bumbu halus bisa diiris saja (kebetulan saya punya hanya bentuk gilingan semua, jadi hanya tinggal campur). Setelah bumbu dihaluskan/iris, tumis dengan minyak (agak dilebihkan kalau tidak menggunakan lemak sapi, sekitar 1-2 sdm, opsional kalau mau sedikit berminyak). Tambahkan Bahan lainnya. Tumis sampai harum. Sisihkan..
  3. Sambil menunggu daging matang juga bisa membuat perkedel kentang sebagai pelengkap. (resep terpisah).
  4. Keluarkan daging ketika telah matang, dan masukkan bahan yang sudah ditumis ke dalam kaldu. Tambah kan gula, garam, dan kaldu blok (kalau dibutuhkan), koreksi rasa..
  5. Tips: biarkan kuah kaldu dimasak dikompor dengan api sangat kecil, agar menjaga kuah tetap hangat. Dan juga untuk menghindari minyak dari lemak atau daging menggumpal ketika kuah dingin..
  6. Daging yang sudah matang, potong tipis atau dadu dan goreng sesuai selera. Bisa kering atau setengah kering..
  7. Note: jika menggunakan tetelan dan atau lemak sapi, boleh dibiarkan tetap dikuah kaldu agar rasa gurih atau ikut di goreng dengan potongan daging..
  8. Siap kan sohun yang sudah matang didalam mangkuk, beri bahan pelengkap, lalu sirami dengan kuah kaldu, sajikan. Bisa juga disajikan dengan kuah kaldu terpisah. Sesuai selera..
  9. Note: Jika tidak suka daun bawang mentah, irisan daun bawang bisa dimasukkan ke dalam kuah kaldu saat kuah kaldu sudah matang. Begitu juga dengan seledri. Masukkan sesaat sebelum dihidangkan..
  10. Notes: Hasil 8 porsi dihitung dengan menggunakan nasi 😂.
  11. Hidangkan saat dalam keadaan panas..

Nggak perlu jauh-jauh ke padang untuk menikmati nikmatnya soto padang. Karena kalau mengikuti resep dari Endeus yang ini, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Soto Padang Mangkuto bisa jadi alternatif buat yang ingin kulineran di Jakarta. Soto ayam memang makanan yang enak dan paling merakyat. Berikut resep soto ayam pilihan dari berbagai daerah di Indonesia.

Begitulah pembahasan Soto Padang terima kasih atas kunjungannya, jika dirasa postingan situs ini bermanfaat suport saya dengan cara bagikan postingan artikel situs ini ke akun sosial media favorit kamu seperti facebook, instagram dan lain-lain, atau bisa juga menandai halaman blog ini,konten ini dikelompokkan ke dalam kategori Soto Padang.

LihatTutupKomentar

ads1

close