ads2

ads3

Resep Rujak Cingur

Rujak Cingur ~Rujak cingur adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah Jawa Timur, terutama daerah asalnya Surabaya. Dalam bahasa Jawa kata cingur berarti "mulut", hal ini merujuk pada bahan irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam hidangan. Indonesia have different kind of Rujak or Rojak, there is Rujak Uleg or Rujak Manis. Memang waktu ini sedang banyak dicari oleh pengguna disekitar kita, salah satunya Anda. Mereka memang telah terbiasa menggunakan internet di gadget untuk mencari informasi gambar untuk dijadikan contoh. Berikutnya merupakan gambar seputar Rujak Cingur yang dapat kamu jadikan inspirasi.

Rujak Cingur Rujak cingur adalah makanan khas Jawa Timur, terutama di Surabaya. Rujak cingur punya rasa yang sangat beragam. Mulai dari gurih, pedas hingga manis bercampur jadi satu di mulut. anda dapat memasak Rujak Cingur mengfungsikan 28 bahan 7 langkah. Berikut cara anda untuk memasaknya.

Bumbu dan bahan untuk memasak Rujak Cingur

  1. Anda membutuhkan Bahan Utama :.
  2. Persiapkan 100 gram Cingur atau Kikil Sapi.
  3. Anda perlu 1 tahu putih.
  4. Anda butuh 1/2 papan tempe.
  5. Kamu siapin 2 buah lontong siap konsumsi.
  6. Silahkan kamu persiapkan Bahan Sayur :.
  7. Sediakan juga 50 gram tauge.
  8. Siapkan juga 1 ikat kangkung.
  9. Sobat juga memerlukan 1 ikat kacang panjang.
  10. Silahkan kamu siapkan Bahan Buah :.
  11. Silahkan sobat siapkan 1/4 buah nanas.
  12. Sobat juga memerlukan 1/2 buah timun.
  13. Silahkan sobat siapkan 1/2 buah mangga muda.
  14. Anda Memerlukan 1/2 buah bengkoang.
  15. Kamu siapin 1/2 buah belimbing.
  16. Kamu butuh Bahan Bumbu :.
  17. Kamu butuh 3 sdm kacang tanah goreng.
  18. Anda perlu 1/2 buah pisang klutuk /pisang batu yg masih muda/mentah.
  19. Kamu membutuhkan 5 buah cabe rawit merah.
  20. Siapkan juga 2 sdm air asam.
  21. Silahkan kamu siapkan 1 sdm bawang putih goreng yg sudah diiris tipis.
  22. Selain itu juga tambahkan 1 sdt terasi.
  23. Kamu siapin 3 sdm petis biasa.
  24. Silahkan kamu siapkan 1 sdm spesial.
  25. Silahkan kamu persiapkan 25 gram gula merah.
  26. Kamu siapin 1 sdt gula pasir.
  27. Anda Memerlukan 1/2 sdt garam.
  28. Kamu butuh 1/2 gelas air matang.

Makanan tradisional Jawa Timur terdiri dari petis, sayur mayur, cingur (nyam-nyam), lontong, buah, lombok dan pelengkap kerupuk. Rujak cingur adalah salah satu makanan khas dari jawa timur. Rujak cingur bisa anda dapatkan banyak di kota Surabaya. Rujak cingur sendiri campuran dari buah-buahan, sayuran, cingur sapi.

Intruksi cara memasak Rujak Cingur

  1. Rebus Cingur atau kikil tambahkan 1 jempol jahe geprek,1 jempol kunyit geprek, 1 buah sere geprek, 2 lembar daun jeruk, dengan panci presto atau panci biasa sampai empuk.
  2. Angkat cingur potong sesuai selera, tambahkan garam dan goreng dgn sedikit minyak saja, aduk2 sekitar 5 menit saja angkat dan sisihkan.
  3. Bersihkan sayuran potong dan rebus lalu tiriskan.
  4. Bersihkan buah dan cuci bersih, potong sesuai selera.
  5. Siapkan bumbu, haluskan atau uleg terlebih dahulu cabe, kacang, pisang klutuk, bawang goreng, garam, gula pasir beri sedikit air bila agak susah, kemudian tambahkan gula merah, air asam, air matang lagi baru tambahkan petis aduk terus sampai rata dan tes rasa (untuk petis bila kita membeli dipasar traditional kita akan menjumpai 2 macam petis yg enak/specil dan yg biasa, nah untuk rujak cingur yang enak harus menggunakan kombinasi 2 petis ini).
  6. Kemudian tambahan irisan tempe, cingur, tahu, lontong dan buah kemudian campur rata bersama bumbu.
  7. Siapkan 2 piring kosong, tambahkan sayur diatasnya kemudian pindahkan rujak diatas sayur tadi, sajikan bersama kerupuk, selamat mencoba👍😍.

Rujak cingur khas Surabaya sudah terkenal kelezatan dan kenikmatannya. Daripada beli di luar terus, berikut IDN Times kasih rekomendasi resep rujak cingur khas Surabaya dan cara. Segenap keluarga besar rujak cingur sedati mengucapkan minal aidzin wal faizin. Selamat siang tweeeps, pada laper yaa?? Rujak cingur enak looh.tersedia jg mknan khas jatim lainnya.

Begitulah pembahasan Rujak Cingur terima kasih atas kunjungannya, jika dirasa artikel situs ini bermanfaat suport saya dengan cara share postingan artikel website ini ke akun sosial media favorit kamu seperti facebook, instagram dan lain-lain, atau bisa juga menandai halaman website ini,postingan ini dikelompokkan ke dalam kategori Rujak Cingur.

LihatTutupKomentar

ads1

close