ads2

ads3

Tutorial membuat Empal Panci (Empal Gentong)

Empal Panci (Empal Gentong) ~Dan kangen sekali empal gentong, akhirnya taraaa bikinlah empal gentong ala-ala resep dari mama 😘. Karena ga punya gentongnya hihi pake panci ajah yaw. Menu empal suwir yang gurih bisa menjadi pilihan. Memang sekarang ini sedang banyak dicari oleh sebagian orang disekitar kita, salah satunya kamu. Mereka memang sudah terbiasa menggunakan internet di ponsel untuk mencari informasi gambar untuk dijadikan wawasan. Berikutnya merupakan gambar tentang Empal Panci (Empal Gentong) yang bisa kamu jadikan ide.

Empal Panci (Empal Gentong) Proses pemasakan empal asem lebih sederhana daripada empal gentong. Empal asem dimasak dalam panci biasa. Empal asem juga tidak memerlukan kayu pohon mangga untuk memasak. anda dapat membuat Empal Panci (Empal Gentong) memakai 21 bahan 12 langkah. Inilah step by step untuk memasaknya.

Komposisi untuk memasak Empal Panci (Empal Gentong)

  1. Sediakan 1/4 kg daging sapi.
  2. Anda butuh secukupnya Jerohan sapi.
  3. Silahkan kamu persiapkan 5 siung Bawang putih.
  4. Anda Memerlukan 9 siung Bawang merah.
  5. Sobat juga memerlukan Daun serai.
  6. Sobat juga memerlukan Kunyit.
  7. Sediakan Kapulaga.
  8. Kamu perlu Kemiri.
  9. Sediakan juga Kayu manis.
  10. Anda membutuhkan Cengkeh.
  11. Kamu membutuhkan Merica.
  12. Silahkan sobat siapkan Jinten.
  13. Selain itu juga tambahkan Santan/kara.
  14. Anda perlu Daun seledri.
  15. Selain itu juga tambahkan Jeruk pecel/nipis.
  16. Selain itu juga tambahkan secukupnya Gula pasir.
  17. Kamu membutuhkan secukupnya Garam.
  18. Anda perlu Penyedap rasa (Royco dsb).
  19. Anda butuh Bahan Sambal.
  20. Silahkan sobat persiapkan sesuai selera Cabe rawit.
  21. Sobat juga memerlukan Garam.

Sementara itu, rasa empal asem sepintas seperti sup daging sapi yang terasa asam segar. Rekomendasi bagi yg pengen makan olahan daging sapi, yg nggak terlalu kental santannya dan nggak terlalu bening. Jadi pas untuk anda yg pengen seger seger tapi nggak terlalu berat. #empalgentong Empal asem terbilang sama dengan empal gentong. Hanya saja, empal asem tidaklah memakai santan dan cita rasanya terbilang lebih segar.

Langkah cara membuat Empal Panci (Empal Gentong)

  1. Siapkan daging sapi dan kaldunya. Cuci bersih daging sapi, kemudian rebus. Rebusan air pertama dibuang untuk membersihkan daging dan jerohan dari darah atau kotoran lainnya. Kemudian rebus kembali dgn air untuk mendapatkan kaldu sapinya. Setelah dirasa daging mulai empuk, matikan kompor dan diamkan..
  2. Siapkan bumbu. Sangrai beberapa bahan: kapulaga, cengkeh, kayumanis, jinten..
  3. Haluskan bumbu sangrai tersebut..
  4. Haluskan bumbu lainnya..
  5. Siapkan sedikit minyak. Kemudian tumis bumbu halus. Pertama masukkan bawang putih yg sudah dihaluskan, tunggu sebentar sampai warna kekuning-kuningan, masukkan bawang merah yg sudah dihaluskan, bumbu sangrai yg sudah dihaluskan, dan masukkan semua bahan lainnya seperti jahe, kunyit dsb yg sudah dihaluskan. Untuk kunyit, sebelumnya dibakar terlebih dahulu dan gunakan sesuai selera anda. Tumis sampai matang..
  6. Panaskan air dan kaldu sapi yg sudah disiapkan sebelumnya di panci. Tunggu sampai mendidih..
  7. Masukkan semua bumbu halus yg sudah ditumis ke panci tersebut, termasuk semua daun..
  8. Masukkan daging sapi yg sudah dipotong dadu beserta jerohan sesuai selera..
  9. Tambahkan santan sesuai selera. Masukkan garap, penyedap rasa dan sedikit gula pasir sesuai selera..
  10. Tunggu sampai mendidih. Bisa ditambahkan 2-3 potongan kecil tomat segar dan irisan daun seledri untuk memberi bau segar..
  11. Siapkan potongan daun seledri, tomat segar utk dihidangkan, sehingga ketika empal yg mendidih diletakkan di mangkok, dapat ditambah potongan tomat dan seledri, kucuran/perasan jeruk nipis dan taburan bawang goreng. Santap dengan lontong. Dan jangan lupa empingnya. Boleh juga kerupuk...
  12. Untuk menu sambal pendamping, cukup cabe rawit direbus kemudian diuleg/dihaluskan dan ditambahkan garam sesuai selera. Selesai. Selamat mencoba.

Membuat kedua menu makanan tersebut juga tidaklah sulit. Parents bisa membuat empal gentong dan empal asem sebagai menu makan sehari-hari atau pun untuk dihidangkan dalam acara spesial. Empal gentong merupakan kuliner khas Cirebon. Kuahnya berwarna kekuningan serta menggunakan daging sapi sebagai isiannya. Cita rasanya gurih, sementara tekstur kuahnya kental karena menggunakan santan.

Begitulah pembahasan Empal Panci (Empal Gentong) terima kasih atas kunjungannya, jika dirasa artikel blog ini bermanfaat suport kami dengan cara share postingan artikel situs ini ke akun sosial media favorit kamu seperti facebook, instagram dan lain-lain, atau bisa juga mem-bookmark halaman website ini,postingan ini dikelompokkan ke dalam kategori Empal Panci (Empal Gentong).

LihatTutupKomentar

ads1

close