ads2

ads3

Resep Coto Makassar

Coto Makassar ~Coto makassar atau coto mangkasara adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. Memang sekarang ini sedang banyak dicari oleh masyarakat disekitar kita, salah satunya Anda. Mereka memang telah terbiasa menggunakan internet di HP untuk melihat informasi gambar untuk dijadikan wawasan. Next adalah gambar mengenai Coto Makassar yang dapat Anda jadikan contoh.

Coto Makassar Coto Makassar merupakan salah satu kuliner khas dari Makassar tentunya. Sebenarnya Coto ini sekilas sama dengan Resep Soto pada umumnya. Yang membuat berbeda adalah racikan bumbu. kamu dapat memasak Coto Makassar manfaatkan 28 bahan 8 langkah. Inilah step by step untuk membuatnya.

Bahan-bahan untuk memasak Coto Makassar

  1. Sediakan juga 1/2 kg daging sapi.
  2. Anda butuh 1/2 kg lidah sapi.
  3. Silahkan kamu siapkan Jeruk nipis potong kecil2.
  4. Kamu butuh Bawang pree iris tipis.
  5. Anda membutuhkan Bawang goreng.
  6. Kamu butuh 2 lbr Daun salam.
  7. Silahkan kamu siapkan 2 lbr Daun jeruk.
  8. Sobat juga memerlukan 2 ruas jari Lengkuas.
  9. Silahkan kamu siapkan 2 btg Sereh.
  10. Silahkan sobat siapkan 100 gr Kacang tanah.
  11. Silahkan sobat siapkan 1 sdm garam.
  12. Silahkan kamu siapkan 1/2 sdt penyedap rasa.
  13. Kamu perlu 1 sdt gula pasir.
  14. Anda membutuhkan Bumbu halus.
  15. Silahkan kamu siapkan 1 sdt merica.
  16. Kamu perlu 1 sdm ketumbar bubuk.
  17. Sediakan juga Sedikit pala.
  18. Sediakan 1 /2 sdt jintan.
  19. Silahkan kamu siapkan 5 siung bawang putih.
  20. Kamu butuh 10 siung bawang merah.
  21. Silahkan kamu siapkan 1 ruas jari jahe.
  22. Sobat juga memerlukan 1 ruas jari lengkuas.
  23. Kamu perlu 3 btg Sereh ambil putihnya.
  24. Siapkan juga 5 butir kemiri.
  25. Selain itu juga tambahkan Bahan sambal.
  26. Silahkan kamu persiapkan Cabe rawit.
  27. Silahkan sobat siapkan Cabe keriting.
  28. Anda perlu Cabe merah.

Resep Coto Makassar - Dari namanya saja, tentu semua orang tahu bahwa makanan ini berasal Coto makassar terbuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu yang cukup lama dan dicampur. Soto Asal Makassar yang disebut juga Coto ini, memiliki rasa yang khas! Rasa gurih dan kenikmatan daging, paru serta jeroannya akan membuatmu tak dapat melupakannya! Coto Makassar ini memiliki rasa yang begitu enak dan lezat, serta kuahnya gurih.

Langkah cara membuat Coto Makassar

  1. Rebus lidah sapi kupas kulit lidah. Buang airnya. Rebus daging sapi sampai empuk. Lalu potong-potong sesuai selera. Begitu jg dengan lidah dipotong sesuai selera..
  2. Sangrai ketumbar, merica, jintan dan pala. Setelah harum haluskan..
  3. Panaskan minyak, goreng bawang putih, bawang merah, sereh iris, jahe dan lengkuas. Setelah harum angkat dari wajan dan haluskan..
  4. Panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu halus, sereh digeprek, daun jeruk, daun salam, lengkuas.. Setelah berubah warna kuning keemasan, masukkan bumbu sangrai. Aduk rata sampai tercium harum lalu angkat dari perapian..
  5. Goreng kacang sampai matang lalu haluskan..
  6. Masukkan bumbu halus, kacang tanah yang dihaluskan, air rendaman beras dalam kuah. Tambahkan garam, gula penyedap rasa. Biarkan sampai bumbu meresap dalam daging..
  7. Untuk buat sambalnya. Goreng semua cabe keriting, cabe rawit dan cabe merah. Lalu haluskan..
  8. Hidangkan coto Makassar dengan irisan bawang pree, bawang goreng, jeruk nipis dan sambel. Pendamping makan coto adalah ketupat atau buras..

Aromanya yang khas akan membuat setiap orang tergoda untuk mencicipinya. Kelezatan Coto Makassar bisa kamu hadirkan di rumah. Ketika menyebutkan jenis-jenis masakan terkenal asal Sulawesi Selatan pastinya tidak akan jauh dari yang namanya Coto Makassar. Sesuai dengan namanya Coto Makassar adalah hidangan berkuah yang berasal dari Makassar Coto Makassar berbahan dasar daging sapi, ditambah dengan jeroan sapi, berupa paru, hati, usus. Mendengar kata "coto" pastinya kita akan mengira bahwa kuliner satu ini adalah soto.

Begitulah pembahasan Coto Makassar terima kasih atas kunjungannya, jika dirasa postingan website ini bermanfaat suport saya dengan cara bagikan postingan artikel situs ini ke akun sosial media yang kamu punya seperti facebook, instagram dan lain-lain, atau bisa juga mem-bookmark halaman website ini,postingan ini dikelompokkan ke dalam kategori Coto Makassar.

LihatTutupKomentar

ads1

close