ads2

ads3

Resep Gudeg Kering Jogja

Gudeg Kering Jogja ~Gudeg merupakan sayur nangka yang dimasak dengan santan hingga menghasilkan areh (kuah) yang kental. Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah. Selain sayur nangka, biasanya gudeg disajikan juga dengan sambal goreng krecek. Memang saat ini sedang banyak dicari oleh masyarakat disekitar kita, salah satunya sobat. Mereka memang telah terbiasa mamnfaatkan internet di gadget untuk mendapatkan informasi gambar untuk dijadikan inspirasi. Seterusnya adalah gambar mengenai Gudeg Kering Jogja yang bisa Anda jadikan contoh.

Gudeg Kering Jogja Lihat juga resep Gudeg Kering Jogja enak lainnya! Kebiasaan menjadikan gudeg sebagai buah tangan selepas berkunjung ke Jogja dimulai. ResepMedia.com - Menikmati beragam kuliner khas nusantara ternyata membawa suatu sensasi dan pengalaman berbeda. anda mampu memasak Gudeg Kering Jogja memakai 18 bahan 9 langkah. Inilah cara anda untuk memasaknya.

Bumbu dan bahan untuk memasak Gudeg Kering Jogja

  1. Kamu siapin 400 gr nangka muda (potong cuci bersih.
  2. Sediakan 3/4 papan tempe.
  3. Anda butuh 5 potong tahu putih.
  4. Kamu perlu 4 lembar daun salam.
  5. Sediakan 1 batang sereh.
  6. Anda butuh 2 lembar daun jeruk.
  7. Anda butuh 3 cm ruas lengkuas (geprek).
  8. Kamu perlu Bumbu rasa.
  9. Anda membutuhkan 3 butir gula merah (perkiraan 150-200 gr).
  10. Anda Memerlukan 1,5 sendok makan garam.
  11. Siapkan juga 4 kantong teh celup.
  12. Siapkan juga 2 bungkus santan kemasan segitiga.
  13. Anda butuh 1/2 sachet kaldu bubuk (rasa ayam).
  14. Persiapkan Bahan halus.
  15. Silahkan kamu persiapkan 8 butir bawang merah.
  16. Silahkan sobat siapkan 4 butir bawang putih.
  17. Sediakan juga 1 sendok makan ketumbar (sangrai sampai harum).
  18. Anda perlu 2 butir kemiri (sangrai).

Setiap daerah memiliki kekhasan dan keunikan akan kulinernya. Salah satu kuliner khas nusantara yang sangat fenomenal adalah gudeg. Kreceknya diiris kecil kemudian dimasak menjadi sambal goreng kering berwarna kekuningan. Akhirnya coba recook satu resep gudeg dari cookpad dengan sedikit modifikasi, dan jadilah gudeg yg menurut saya sangat mirip dengan gudeg di kampung halaman saya.

Step by step cara memasak Gudeg Kering Jogja

  1. Siapkan panci dengan isian bahan yg tersusun seperti ini: -Daun salam, daun jeruk, sereh, lengkuas susun di dasar sebagai alas agar tidak gosong. -Nangka muda ditengah (diatas bumbu alas) agar jika air sudah menyusut si nangka ini masih terendam, karena nangka butuh waktu lebih lama untuk lunak. -Tempe dan tahu di bagian paling atas..
  2. Haluskan ketumbar sangrai, kemiri, bawang merah, dan bawang putih..
  3. Campurkan bumbu halus dengan santan instan yg sudah diencerkan dengan 500 ml air. Tambahkan juga garam. Aduk hingga tercampur..
  4. Tuangkan campuran santan dan bumbu halus ke dalam nangka muda tadi. Usahakan semua bahan terendam sempurna, tambahkan air jika masih kurang. Tambahkan juga gula merah dan teh celupnya..
  5. Saya kurang suka dengan kebiasaan menulis resep "gula/garam secukupnya". Posisi gula dan garam ini lebih krusial dalam menentukan rasa dibanding bumbu yg bersifat aromatik. Karena itu saya tulis takaran gula/garam secara detail agar bisa dicopy persis seperti yg saya rasakan..
  6. Tutup panci dan masak dengan api kecil selama 3 jam..
  7. Cek volume air dan cek rasa nya setelah 1 jam. Tambahkan air jika air sudah terlalu asat/kering. Cek juga rasa tempe dan tahunya, jika manisnya dirasa masih kurang maka bisa ditambahkan gula merah dengan menambah air hingga tahu tempe terendam lagi..
  8. Setiap 1 jam cek volume air, karena jika terlalu kering sebelum 3 jam maka tekstur nangka mudanya belum lunak seperti gudeg aslinya..
  9. Setelah 3 jam angkat tahu dan tempe nya. Aduk nangka muda nya secara merata agar lebih kering tapi tidak sampai gosong. Gudeg kering akan lebih awet dibandingkan gudeg basah..

Gudeg Jogja paling enak dan terkenal yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Gudeg Pawon. Yang pertama, sesuai dengan namanya Gudeg Pawon yang dalam bahasa Jawa berarti gudeg dapur, pengunjung yang ingin menikmati gudeg ini harus mau berdesak-desakan di dapur pemiliknya. Gudeg Yu Djum [image source] Gudeg Yu Djum adalah menu paling melegenda di Yogyakarta dan resepnya sudah diturunkan hingga empat generasi. Dengan sajian gudeg kering, pengunjung bisa membeli dalam jumlah banyak untuk oleh-oleh atau dinikmati langsung di lokasi. Kreceknya diiris kecil kemudian dimasak menjadi sambal goreng kering berwarna kekuningan.

Begitulah pembahasan Gudeg Kering Jogja terima kasih atas kunjungannya, jika dirasa postingan website ini bermanfaat suport kita dengan cara share postingan artikel blog ini ke akun sosial media favorit kamu seperti facebook, instagram dan lain-lain, atau bisa juga mem-bookmark halaman blog ini,artikel ini dikelompokkan ke dalam kategori Gudeg Kering Jogja.

LihatTutupKomentar

ads1

close