ads2

ads3

Resep Nasi Liwet

Nasi Liwet ~Nasi liwet (bahasa Jawa: ꦱꦼꦒ ꦭꦶꦮꦼꦠ꧀, translit. Sega Liwet) adalah makanan khas kota Solo dan merupakan kuliner asli daerah Baki, Kabupaten Sukoharjo. Nasi liwet adalah nasi gurih (dimasak dengan kelapa) mirip nasi uduk, yang disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam. Memang sekarang ini sedang banyak dicari oleh masyarakat disekitar kita, salah satunya Anda. Mereka memang sudah terbiasa menggunakan internet di gadget untuk mencari informasi gambar untuk dijadikan contoh. Berikutnya adalah gambar seputar Nasi Liwet yang dapat sobat jadikan ide.

Nasi Liwet Resep Nasi Liwet - Nasi liwet adalah salah satu sajian nasi khas dari daerah di Indonesia, setiap daerah bahkan memiliki ciri khas nasi liwet masing-masing. Sajikan nasi liwet khas Solo yang komplit ini serapi mungkin, ya. Biar para tamu yang akan Nasi liwet spesial ini cocok untuk jadi teman makan lauk apa pun. kamu mampu membuat Nasi Liwet manfaatkan 12 bahan 7 langkah. Inilah step by step untuk membuatnya.

Bahan dan bumbu untuk memasak Nasi Liwet

  1. Anda perlu 4 canting beras.
  2. Anda butuh 10 siung bawang merah.
  3. Anda perlu 7 siung bawang putih.
  4. Kamu siapin secukupnya Garam.
  5. Kamu butuh secukupnya Lada bubuk.
  6. Persiapkan 1 ruas jahe (geprek).
  7. Anda butuh 1 ruas lengkuas (geprek).
  8. Siapkan juga 5 buah sere (geprek).
  9. Kamu perlu 5 buah cabe rawit.
  10. Silahkan sobat persiapkan 1 buah cabe besar.
  11. Kamu perlu 2 lembar daun jeruk.
  12. Kamu perlu 5 lembar daun salam.

Beberapa mungkin terkadang bosen ya makan nasi putih ini aja. banyak macam olahan nasi sebenernya misalnya, nasi kuning. Nasi liwet mempunnyai berbagi macam versi, seperti di daerah timur Jawa ada nasi liwet Solo. Menarik dan juga unik nasi liwet ini dapat menggoda selera siap saja yang melihatnya. Saking populernya menu nasi liwet ini tidak heran jika seringkali dijumpai di beberapa wilayah di Bagi Anda yang ingin menikmati nasi liwet namun malas keluar rumah, Anda bisa mencobanya.

Step by step cara membuat Nasi Liwet

  1. Cuci beras hingga bersih. Tiriskan..
  2. Cincang/cacah cabe rawit dan bawang-bawang..
  3. Potong-potong cabai besar..
  4. Cuci bersih ikan teri. Tiriskan. Goreng setengah matang..
  5. Masukan beras ke dalam panci rice cooker. Isi air hingga 1 ruas jari diatas beras. Masukan bumbu yg sudah di cincang, daun salam, sere lengkuas jahe yg sudah di geprek. Lada dan garam. Serta daun jeruk..
  6. Masukan juga ikan teri yg sudah digoreng aduk merata. Agar bumbu menyebar. Masak di rice cooker hingga matang..
  7. Sajikan ketika hangat bersama sambal dan telur krispi (resep sudah ada sebelumnya). Lengkapi dengan kerupuk biar tambah nikmat..

Sejatinya nasi liwet memang diaron hingga matang menggunakan panci liwet. Kelebihan panci liwet terletak pada bagian dasar panci yang cukup tebal sehingga nasi tak lantas gosong sebelum matang. Ada yang mengatakan bahwa nasi liwet ini berasal dari kota Solo, namun ada juga yang mengatakan bahwa menu special ini berasal dari Jawa Barat, tepatnya suku Sunda. Resep nasi liwet - Indonesia memang memiliki berbagai makanan khas yang tidak dimiliki Negara-negara lain. Bahkan, orang luar negeri ketika mencicipi makanan khas Indonesia.

Begitulah pembahasan Nasi Liwet terima kasih atas kunjungannya, jika dirasa artikel blog ini bermanfaat suport kami dengan cara bagikan postingan artikel website ini ke akun sosial media favorit kamu seperti facebook, instagram dan lain sebagainya, atau bisa juga menandai halaman blog ini,artikel ini dikelompokkan ke dalam kategori Nasi Liwet.

LihatTutupKomentar

ads1

close