ads2

ads3

Resep Ayam Areh untuk Gudeg

Ayam Areh untuk Gudeg ~Gudeg merupakan sayur nangka yang dimasak dengan santan hingga menghasilkan areh (kuah) yang kental. Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah. Selain sayur nangka, biasanya gudeg disajikan juga dengan sambal goreng krecek. Memang sekarang ini sedang banyak dicari oleh pengguna disekitar kita, salah satunya Anda. Mereka memang telah terbiasa mamnfaatkan internet di ponsel untuk melihat informasi gambar untuk dijadikan ide. Next merupakan gambar tentang Ayam Areh untuk Gudeg yang dapat kalian jadikan wawasan.

Ayam Areh untuk Gudeg Selanjutnya masukkan telur ayam rebus yang telah dikupas dan masak hingga matang. Untuk membuat areh, masak santan bersama kaldu sambil sesekali diaduk. Masukkan lengkuas, daun salam, serai, dan Bango Kecap Manis. anda sanggup memasak Ayam Areh untuk Gudeg memanfaatkan 18 bahan 6 langkah. Berikut langkah-langkah untuk membuatnya.

Komposisi untuk memasak Ayam Areh untuk Gudeg

  1. Silahkan sobat siapkan 1 1/2 kg ayam, Saya pakai bagian sayap. Saya tambahkan ceker.
  2. Siapkan juga 10 buah tahu coklat, cuci, rendam air hangat, peras pelan pelan.
  3. Anda membutuhkan 800 ml air kelapa.
  4. Kamu perlu 500 ml santan kental (Saya pakai santan instant).
  5. Kamu perlu 3 siung bawang merah, iris halus.
  6. Kamu siapin 3 lembar daun Salam.
  7. Sediakan 3 ruas lengkuas, geprek.
  8. Sediakan 1 sdm gula merah (Saya pakai jenis pasta).
  9. Anda membutuhkan 1 sdt kaldu bubuk (sesuaikan selera) - boleh ganti micin ya.
  10. Sobat juga memerlukan 2 sdt garam himalayan (sesuaikan selera).
  11. Anda membutuhkan 1 sdt Lada bubuk putih (sesuaikan selera).
  12. Selain itu juga tambahkan 1 sdt gula pasir (sesuaikan selera).
  13. Silahkan sobat siapkan Secukupnya minyak untuk menumis.
  14. Sediakan Bumbu halus :.
  15. Selain itu juga tambahkan 10 siung bawang merah.
  16. Selain itu juga tambahkan 8 Siung bawang putih.
  17. Kamu perlu 10 butir kemiri.
  18. Kamu butuh 2 sdm ketumbar bubuk.

Setelah areh siap, sajikan gudeg, telur dan siraman kuah areh. Googling lagi, dan mencoba resep ini tapi tetap Saya sesuaikan dengan selera keluarga dan bahan yang Ada. Hidangkan bersama siraman areh atau kuah opor ayam di atasnya. Untuk mendapatkan gudeg kering yang istimewa, Anda juga siapkan opor ayam sebagai pelengkap gudeg.

Step by step cara membuat Ayam Areh untuk Gudeg

  1. Cuci bersih ayam, lumuri dengan sedikit garam & air jeruk nipis. Diamkan kurang lebih 10 menit. Lalu cuci bersih kembali..
  2. Goreng ayam sebentar, hanya sebentar saja ya. Agar teksturnya tidak hancur waktu dimasak agak lama..
  3. Panaskan sedikit minyak goreng (sekitar 6 sdm), tumis bawang merah yang sudah diiris halus sampai layu. Lalu masukkan bumbu halus. Masukkan juga Salam & lengkuas. Tumis sampai bumbu matang..
  4. Masukkan ayam, aduk. Lalu masukkan air kelapa, tunggu sampai sedikit meresap. Lalu masukkan garam, gula merah, Lada & gula pasir..
  5. Masukkan santan & tahu, kecilkan api. Masak dengan api kecil dalam panci tertutup sampai bumbu menyusut & meresap. Koreksi rasa. Siap disajikan..
  6. Tips : untuk gula merah & garam, sebaiknya jangan langsung dimasukkan diawal semua, karena pada akhir proses memasak, kuah akan menyusut. Jadi sebagian dulu. Ketika test rasa, baru ditambahkan sesuai selera..

Aneka bacem seperti tempe, tahu, telur, ati ampela hingga ayam. Lalu ada pula opor ayam yang berwarna putih. Karena identik dengan manis ini, maka rasa gurih bisa didapat dari areh dan pedas dari kreceknya. "Kalau mau gudeg yang enak, proses masaknya harus sehari sebelumnya. Cara membuat areh gudeg khas jogja pun sangat sederhana. Areh gudeg sangat cocok disajikan bersama telur,opor ayam,tahu bacem atau sambal krecek.

Begitulah pembahasan Ayam Areh untuk Gudeg terima kasih atas kunjungannya, jika dirasa artikel situs ini bermanfaat suport kami dengan cara share postingan artikel blog ini ke akun sosial media favorit kamu seperti facebook, instagram dan lain-lain, atau bisa juga mem-bookmark halaman blog ini,konten ini dikelompokkan ke dalam kategori Ayam Areh untuk Gudeg.

LihatTutupKomentar

ads1

close